5 Tambahan Bahan Ini Bikin Seduhan Kopi Rasanya Berantakan

Odilia WS - detikFood Kamis, 24 Sep 2020 07:00 WIB
kopi Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang ingin menikmati seduhan kopi dengan rasa yang pas. Tetapi gara-gara menambahkan bahan yang salah, kopi rasanya jadi berantakan.

Kopi dihasilkan dari buah karenanya rasanya akan tetap 'fruity' meskipun sudah diolah menjadi minuman. Sebaliknya banyak orang justru ingin menikmati kopi dengan rasa yang disukai. Akhirnya mereka menambahkan krim, rempah hingga gula berlebihan sehingga rasa asli kopinya hilang.

Rasa kopi yang sedikit pahit dan tekstur yang pekat tak disukai banyak orang. Karenanya mereka menambahkan berbagai bahan untuk menutupi rasa asli kopi. Hal tersebut justru berakibat fatal. Selain merusak rasa asli kopi juga menghilangkan manfaat sehat kopi.

Kopi mengandung antioksidan yang menyehatkan tubuh. Selain itu juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu penurunan berat badan. Apakah kamu suka menambahkan bahan-bahan ini dalam seduhan kopi?

Dilansir dari etathis (22/9) dan berbagai sumber lainnya, inilah 5 bahan tambahan populer pada kopi.

1. Menambahkan gula atau pemanis buatan

Gula pasir paling sering ditambahkan dalam secangkir kopi. Satu hingga dua sendok teh sekaligus dalam secangkir kopi. Padahal 1 sdt gula pasir mengandung 16 kalri. Jika 2 kali sehari minum kopi tentu asupan kalori menjadi berlebihan.

Padahal asupan gula berlebihan bisa memicu obesitas, diabetes hingga penyakit jantung. Demikian juga jika kamu menambahkan pemanis buatan yang rendah kalori.
Sebuah studi pada 3.682 partisipan ditemukan mereka yang minum minuman dengan pemanis buatan, BMI nya naik hingga 47%.

Riset ini menunjukkan jika pemanis buatan dipakai untuk mengelabui sistem otak untuk menerima sebagai kalori. Hal ini justru mendorong keinginan mengonsumsi gula lebih banyak. Akibatnya asupan gula buatan jadi berlebihan.

Tambahan 7 Bahan Ini Bisa Membuat Racikan Kopi Tidak Sehat5 Tambahan Bahan Bikin Kopi Rasanya Berantakan Foto: Shutterstock

2. Menambahkan banyak susu

Susu yang teksturnya creamy memang cocok untuk dipadukan dengan kopi. Tetapi banyak orang justru menambahkan susu berlebihan, hingga setengah cangkir pada kopi. Selain menghilangkan rasa asli kopi juga memberi asupan tambahan.

Selain susu segar bisa ditambahkan susu nabati seperti susu kedelai, susu almond yang lebih rendah kalori dan cocok buat yang alergi susu. Ingat jangan berlebihan menambahkan susu pada kopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]