Kopi Susu Milenial

Racikan Kopi Susu Sudah Populer dan Digemari Sejak Tahun 1660

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 11 Sep 2020 17:30 WIB
Es Kopi Susu Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
Jakarta -

Menurut catatan sejarah kopi susu sudah diracik dan digemari sejak tahun 1660. Lalu bagaimana perkembangan racikan kopi susu ini hingga menjadi kekinian?

Punya rasa yang manis dan menyegarkan, kopi susu jadi pilihan banyak orang yang tak terlalu menyukai rasa pahit pada kopi. Minuman ini popularitasnya berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Banyak orang yang tak terlalu suka rasa pekat kopi hitam jatuh hati pada kopi susu. Bukan beberapa tahun belakangan saja, sebenarnya kopi susu ini sudah eksis sejak tahun 1660 atau 360 tahun silam.

Dilansir dari berbagai sumber berikut fakta menarik seputar sejarah kopi susu dan perkembangan bahan-bahan racikannya hingga kini jadi minuman milenial.

Baca Juga: Racikan Kopi dan Susu yang Jadi Gaya Hidup Kekinian

1. Kopi Susu di Asia

Es Kopi Susu Kopi Susu Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut catatan sejarah, penemuan kopi susu ini bermula di tahun 1660-an di Asia dan Eropa. Keduanya memiliki sisi sejarah yang berbeda. Di Asia contohnya, perkembangan kopi susu tak lepas dari era kolonial ketika Belanda menguasai beberapa negara di Asia.

Di tahun 1616, Belanda merupakan negara pertama di Eropa yang memiliki pohon kopi. Mereka membawa kopi dari Yaman untuk ditanam di Amsterdam. Setelah sukses, mereka kembali di tahun 1658 dan membeli rempah di Sri Lanka namun tidak berhasil.

Akhirnya mereka ke Indonesia tepatnya ke pulau Jawa untuk mencari biji kopi, yang membuat Jawa menjadi pemasok biji kopi pertama ke Eropa. Kemudian muncul cikal bakal kopi susu yang ditemukan oleh duta besar asal Belanda bernama Johan Nieuhof.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Inovasi Strudel Pisang Kepok ala Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial