Kopi Susu Milenial

Racikan Kopi dan Susu yang Jadi Gaya Hidup Kekinian

Riska Fitria - detikFood Rabu, 02 Sep 2020 18:00 WIB
Fenomena kopi susu kekinian favorit milenial Foto: iStock
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial
Jakarta -

Gaya minum kopi kaum milenial memang beda. Kopi dicampur susu diberi beragam pemanis juga isian. Kopi susu jadi gaya hidup kekinian mereka.

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup warga dunia. Selain racikan kopi yang populer di kafe-kafe, beberapa waktu ini muncul varian kopi susu. Meskipun sudah beberapa tahun populer, kopi susu kini muncul dengan banyak ragam. Manis dan dingin!

Karena merupakan peminum kopi pemula, kaum milenial cepat akrab dengan kopi susu. Karena rasa kopi tidak terlalu pekat, dipadu creamy susu dan rasa manis yang enak di mulut. Jumlah kafe dan gerai kopi makin lama makin banyak dengan beragam varian racikannya.

Fenomena kopi susu kekinian favorit milenialFenomena kopi susu kekinian favorit milenial Foto: iStock

Baca Juga : Netizen Ramai Bagikan Resep Es Kopi Susu Kekinian yang Murah Meriah

Menurut buku 'All About Coffee' yang ditulis William H. Ukers dan terbitkan pada tahun 1922, orang yang pertama kali membuat kopi susu adalah Johan Nieuhof, seorang duta besar asal Belanda untuk China di tahun 1660. Awalnya Nieuhof hanya iseng mencampurkan kopi dan susu.

Namun tak disangka, hasil rasanya sangat enak. Campuran kopi dan susu itu kemudian ditiru oleh para dokter-dokter di Prancis sebagai pengobatan. Sementara ada sumber yang mengatakan bahwa kopi susu pertama kali diperkenal oleh orang Amerika ke Rhode Island pada tahun 1930-an.

Saat itu juga ada restoran yang menawarkan menu kopi susu untuk menarik perhatian pelanggan. Sejak saat itu kopi susu menjadi minuman yang banyak diminati oleh orang-orang di Rhode Island and Southeastern Massachusetts.

Fenomena kopi susu kekinian favorit milenialFenomena kopi susu kekinian favorit milenial Foto: detikcom

Sementara itu, kopi susu dikenal di Indonesia sejak tahun 1927. Saat itu ada kedai kopi di kawasan Glodok yang dikenal bernama Kopi Es Tak Kie yang didirikan oleh seorang perantau dari China. Hingga kini kopi susu banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, terutama anak muda. Kopi susu kekinian diracik dengan gula aren yang manis legit.

Ada beberapa alasan mengapa kopi susu banyak disukai. Mulai dari karena rasanya yang manis dan kopinya tidak terlalu pekat hingga harga yang ditawarkan terbilang terjangkau. Banyaknya peminat kopi susu membuat pelaku bisnis tertarik untuk membuka bisnis kopi.

Dapat dilihat dari menjamurnya kedai kopi hingga kafe-kafe kekinian yang menawarkan menu kopi susu baik disajikan dingin maupun hangat-hangat. Pencinta kopi susu bisa memesannya dengan langsung mendatangi kedainya atau bisa juga secara online.

Fenomena kopi susu kekinian favorit milenialFenomena kopi susu kekinian favorit milenial Foto: detikcom

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis kopi susu saat ini sangat berpeluang. Bahkan dengan modal beberapa juta rupiah sudah bisa membuka bisnis kopi susu. Bisnis kopi susu kekinian juga menarik perhatian para selebriti tanah air.

Mulai dari Raline Shah, Nino Fernandez, Deva Mahendra, Raisa, Keenan Pearce dan lainnya dikenal memiliki bisnis kopi susu kekinian. Kali detikFood akan mengulas fenomena kopi susu. Sejak pertama viral hingga menjadi bisnis menjanjikan.

Selain itu, detikFood juga akan memberikan tips meracik kopi susu kekinian yang mudah dibuat di rumah. Ulasan kopi susu juga dilengkapi dengan daftar rekomendasi kopi susu kekinian yang bisa dipesan. Mulai dari porsi gelasan hingga porsi literan.

Tak ketinggalan rekomendasi kafe-kafe instagramable yang menawarkan kopi susu sebagai menu andalan. Minum kopi susu memang bikin ketagihan, karenanya harus diperhatikan pula tips-tips sehat minum kopi susu.

Baca Juga : 7 Es Kopi Susu Enak di Jakarta, Wajib Kamu Coba!



Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Kopi Susu Milenial