13 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi untuk Tubuh

Puti Yasmin - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 10:30 WIB
Healthy product rich of iron. Natural sources of ferrum. Selective focus Foto: iStock/13 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi untuk Tubuh
Jakarta -

Zat besi menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh guna membantu proses peredaran darah. Kebutuhan zat ini pun bisa dipenuhi melalui makanan yang mengandung zat besi tinggi.


Dikutip dari buku 'Fisiologi Manusia dan Metabolisme Zat Gizi' karya Novita Wijayanti kebutuhan zat besi orang dewasa mencapai 22 mg per hari. Selain itu, zat besi untuk ibu hamil adalah 34 mg per hari, bayi 0-6 bulan adalah 2,5 mg per hari serta bayi 7-11 bulan 7 mg per hari.

Inscription Fe, ingredients containing iron and dietary fiber, natural sources of ferrum, healthy lifestyle and nutritionMakanan yang Mengandung Zat Besi Foto: Thinkstock

Berikut makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk tubuh:

1. Ikan Tuna

Mengonsumsi ikan tuna bisa menambah kandungan zat besi pada tubuh. Sebab, ikan tuna mengandung 1,6 mg zat besi per 100 gram guna memenuhi kebutuhan tubuh.

Selain itu, terdapat juga kandungan omega 3 pada ikan salmon yang bermanfaat bagi ibu hamil serta bayi.

2. Kuning Telur

Kandungan zat besi pada kuning telur mencapai 0,9 mg. Selain mudah untuk dikonsumsi, makanan ini juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin dan mineral.

3. Kerang

Makanan laut lainnya yang mengandung zat besi adalah kerang. Dalam 100 gramnya, kerang memiliki 12 mg zat besi atau mencapai 66% dari kebutuhan orang dewasa.

4. Ikan Salmon

Selain tuna dan kerang, ikan salmon juga mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Terdapat setidaknya 0,3 mg per 100 gram zat besi pada ikan salmon.

5. Brokoli

Brokoli terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, ada juga kandungan zat besi yang tak kalah tinggi, yakni mencapai 0,7 gram per 100 gramnya.

6. Kismis

Selain memiliki rasa yang manis, kismis ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi bagi tubuh. Setidaknya terdapat 1,9 mg per 100 gram kismis untuk mencegah anemia karena kurangnya zat besi.

Collection iron rich foods as liver, buckwheat, eggs, parsley leaves, dried apricots, cocoa, lentil, bean, blue poppy seed, broccoli, dried mushrooms, peanuts and pistachios on wooden table.Makanan yang Mengandung Zat Besi Foto: iStock

7. Hati Ayam

Makanan yang mengandung zat besi untuk anemia lainnya adalah hati ayam. Pasalnya, pada 100 gram potong hati ayam terdapat 10 mg zat besi yang bisa memenuhi kebutuhan.

8. Susu Sapi

Minuman yang mengandung zat besi adalah susu sapi. Tercatat, ada 0,1 hingga 0,4 mg zat besi pada susu sapi. Selain itu, susu juga mengandung vitamin dan protein untuk pertumbuhan anak.

9. Sereal

Sereal yang mengandung zat besi adalah yang berbahan dasar gandum utuh. Makanan ini praktis untuk dikonsumsi kapan saja sehingga bisa memenuhi kebutuhan zat besi setiap harinya.

10. Daging Sapi

Kandungan zat besi pada daging sapi mencapai 2 sampai 4,3 gram per 100 gramnya. Daging sapi menjadi makanan yang mudah untuk diolah menjadi apa saja sehingga bisa disajikan di rumah.

11. Kacang Merah

Ada berbagai jenis makanan yang diolah dari kacang merah. Selain memiliki rasa yang enak, kacang merah mengandung zat besi antara 1,9 hingga 14 mg per 100 gramnya.

12. Rumput Laut

Selain bayam, rumput laut juga menjadi pilihan makanan demi memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh. Dalam satu mangkuk rumput laut terdapat 32 mg zat besi lho.

13. Kacang Kedelai

Makanan yang mengandung zat besi terakhir adalah kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung zat besi hingga 15,7 gram per 100 gramnya sehingga baik untuk dikonsumsi.

Selamat mencoba makanan yang mengandung zat besi!



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)