7 Manfaat Nasi Jagung yang Ternyata Cocok untuk Diet

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 11 Sep 2020 09:00 WIB
Nasi jagung dan daun ubi Manfaat nasi jagung. Foto: Ilustrasi detikFood
Jakarta -

Nasi jagung merupakan makanan olahan dari tanaman biji-bijian jagung yang sangat populer di Indonesia. Ternyata manfaat nasi jagung cukup banyak. Nasi jagung bisa jadi sumber karbohidrat alternatif untuk mengganti nasi putih. Nasi berwarna kuning ini pun cocok dinikmati bersama dengan aneka lauk yang gurih.

Dalam 100 gram nasi jagung mengandung kalori sebanyak 140 Kkal. Di beberapa daerah nasi jagung sering dipadu bersama dengan tumis sayuran dan lauk pauk. Nasi jagung tidak hanya banyak dikonsumsi di Jawa, tetapi juga Madura.

Ada dua jenis nasi jagung di Indonesia yaitu nasi jagung yang dibuat dari biji jagung yang ditumbuk dan dimasak dengan campuran nasi. Ada juga yang tak dicampur seperti di Blitar dikenal dengan ampok yakni nasi jagung yang dibuat dari biji jagung kering yang ditumbuk dan dikukus seperti nasi putih.

Berikut manfaat nasi jagung untuk diet:

1. Mengandung Serat

Berbeda dari nasi putih, nasi jagung ini mengandung serat. Serat dapat membantu lancarkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Manfaat nasi jagung juga bisa ditujukan untuk ibu hamil. Dengan konsumsi nasi jagung dan sayuran, tentunya tambahan serat harian bisa tercukupi.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam sajian nasi jagung mengandung beta karoten yang merupakan sumber vitamin A. Vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Baik untuk Kehamilan

Manfaat nasi jagung bagi ibu hamil adalah adanya kandungan asam folat yang diketahui sangat penting untuk pertumbuhan embrio. Karena jika ibu hamil mengalami kekurangan asam folat, hal ini dapat mengakibatkan cacat atau penurunan berat badan bayi saat bayi lahir. Selain itu, mengonsumsi nasi jagung juga dapat mempercepat produksi ASI.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan lemak dan efek anti aterogenik di dalam manfaat nasi jagung dipercaya mampu menurunkan risiko gangguan kardiovaskular yaitu dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi kemungkinan penyumbatan arteri, menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam nasi jagung dapat membantu mencegah terjadinya anemia, karena senyawa ini dapat membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

6. Aman untuk Penderita Diabetes

Salah satu perbedaan nasi jagung dan nasi putih adalah kandungan karbohidrat di dalamnya. Kandungan karbohidrat di dalam nasi putih merupakan karbohidrat sederhana sedangkan yang ada di nasi jagung berupa karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara perlahan. Ini akan menyebabkan kadar gula di dalam tubuh hanya akan meningkat secara perlahan juga.

Ini dapat menyebabkan rasa kenyang di dalam perut berlangsung lebih lama sehingga membuat ciri khas makanan yang berbahan dasar jagung sangat bermanfaat bagi penderita diabetes diabetes dan juga orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan yang berbahan dasar jagung akan membantu mengatasi diabetes melitus non insulin dependent dan efektif untuk hipertensi karena terdapat fitokimia dalam jagung dapat membantu mengatur absorbsi dan pelepasan insulin di dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat nasi jagung untuk kesehatan lainnya adalah kandungan kalsium, fosfor dan magnesium di dalam nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan mengatur pertumbuhan tulang secara normal dan meningkatkan kekuatan.



Simak Video "Olahan Sederhana Ampok Goreng yang Menggiurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)