Mau Coba? Bunga Matahari Kini Dipanggang dan Dimakan seperti Jagung Bakar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 21 Agu 2020 07:00 WIB
Bunga matahari panggang Foto: Baker Creek Heirloom Seed Company
Jakarta -

Bunga matahari biasanya hanya dikonsumsi bagian bijinya, tapi kini ada orang yang mengolah bagian tengahnya. Kepala bunga matahari ini dipanggang, seperti apa ya rasanya?

Biji bunga matahari terkenal enak dengan rasa gurih dan tekstur renyah. Biji ini jadi favorit pelaku hidup sehat karena segudang nutrisinya. Tapi selain bijinya, bagian tengah atau kepala bunga matahari ternyata juga bisa dimakan.

Dikutip dari LAD Bible (20/8), baker berbakat di balik Baker Creek Heirloom Seed Company menunjukkan cara membuat bunga matahari panggang. Dalam video singkat ia menjelaskan satu per satu langkah membuat sajian bernama "Grilled Sunflower Head" ini.

Bunga matahari panggangBunga matahari panggang Foto: Baker Creek Heirloom Seed Company

Pertama, pilih bunga matahari yang bijinya sudah terbentuk namun kepala atau cangkangnya masih lembut. Setelah itu, cabuti seluruh bunganya dan baluri dengan minyak.

Siapkan panggangan, taruh kepala bunga matahari dalam posisi menghadap bawah dengan panas api sedang. Selanjutnya tutup dengan wajan bulat dan biarkan selama sekitar 5 menit.

Jika sudah matang, sajikan dengan baluran tomat dan beri topping basil yang sudah dipotong-potong. Bunga matahari panggang pun siap dinikmati. Kamu bisa memakannya layaknya jagung bakar dengan menggigit langsung permukaannya.

Baca Juga: Biji Bunga Matahari, Camilan Enak Bernutrisi

Bunga matahari panggangBunga matahari panggang Foto: Baker Creek Heirloom Seed Company

Lantas seperti apa rasanya? Admin Baker Creek Heirloom Seed Company mengatakan seperti kacang (nutty) namun khas. "Sangat enak ketika ditambahkan tomat yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari," tambahnya.

Teksturnya juga disebut-sebut lembut seperti jagung yang dipanen saat masih muda. "Teksturnya mirip jagung sebelum cangkangnya yang keras matang dan mengeras," tambah Baker Creek Heirloom Seed Company.

Bunga matahari panggangBunga matahari panggang Foto: Baker Creek Heirloom Seed Company

Banyak netizen tertarik dengan resep unik ini. Ada yang mau mencobanya dengan olesan mentega dan bawang putih panggang. "Dan beberapa herba segar," kata seorang netizen.

Tapi ada juga yang menduga rasa bunga matahari panggang akan aneh. "Ini membuat saya takut," ujar netizen lainnya. Sementara yang lain berkomentar, "Tidak yakin seperti apa perasaan saya terhadap hal ini." Nah, bagaimana dengan kamu? Tertarik coba?

Baca Juga: Biji Bunga Matahari Bisa Dibuat Seperti Selai Kacang, Ini Caranya



Simak Video "Bakmi Asap: Bakmi 'Smokey' yang Eksis Sejak 1960-an"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com