Sarapan 5 Makanan Sehat dan Enak Ini Bisa Bikin Wajah Bebas Jerawat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Sep 2020 06:00 WIB
ilustrasi jerawat Foto: shutterstock
Jakarta -

Jika wajah sedang muncul jerawat, ada beberapa makanan sehat yang bisa meredakannya. Bisa dinikmati sebagai menu sarapan sehat.

Sering muncul secara tiba-tiba, jerawat bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab. Selain rutin melakukan perawatan wajah, makanan sehat juga bisa membantu meredakan jerawat.

Seperti ubi yang manis legit mengandung beta karoten yang diubah jadi vitamin A untuk kulit. Ada juga buah pepaya yang mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menyehatkan dan mengencangkan kulit.

Dilansir dari Healthline (07/09) berikut menu sarapan sehat yang bisa bantu redakan jerawat.


1. Kembang Kol

BBQ Cauliflower BitesKembang Kol. Foto: BuzzFeed

Sayuran yang satu ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya yang tak perlu diragukan lagi. Kembang kol dikemas dengan banyak asam amino yang disebut histidine.

Histidine ini berguna untuk mencegah sinar UV yang berbahaya untuk kulit. Di mana sinar UV ini bisa memperparah kondisi kulit terutama di bagian wajah.

Kandungan vitamin B6, C, dan K bisa membantu kesehatan kulit wajah hingga meredakan jerawat secara alami. Untuk aplikasinya, kembang kol bisa dijadikan menu sarapan sebagai sop hingga sayuran kukus.


2. Salmon

Fakta tentang ikan salmonIkan Salmon. Foto: iStock

Ikan salmon ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi kandungan nutrisinya juga baik untuk kesehatan. Menurut banyak penelitian, makanan yang mengandung protein tinggi memegang peranan penting dalam membantu meredakan jerawat.

Setiap 100 gram daging ikan salmon rata-rata mengandung sekitar 25 gram protein. Kandungan protein ini juga ditambah dengan asam lemak omega-3 yang dipercaya bisa melindungi kesehatan kulit. Terutama dari kerusakan kulit karena sinar matahari.

Selain bagus untuk membantu meredakan jerawat di wajah, ikan salmon bisa mengurangi risiko munculnya kanker kulit. Termasuk bercak hitam di kulit karena paparan sinar matahari. Untuk menu sarapan, salmon bisa dipanggang dengan saus lemon segar. Cek resep lengkapnya di sini.


3. Nasi Merah

Wooden bowl with uncooked brown rice isolated on white background. Top viewNasi merah. Foto: Getty Images/iStockphoto/igoriss

Kalau tidak bisa lepas dari nasi, tetap bisa sarapan enak menggunakan nasi merah di pagi hari. Nasi merah dikenal jauh lebih sehat dan bernutrisi dibandingkan nasi putih. Nasi ini mengandung vitamin B, magnesium, protein hingga antioksidan.

Kumpulan vitamin dan nutrisi ini baik jika diserap oleh tubuh. Terutama kandungan vitamin B, yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Diketahui sebelumnya bahwa vitamin B dapat mengurangi stres pada kulit.

Manfaat lainnya, beras merah juga bisa membantu mengatur tekanan hormon di tubuh. Jika hormon terkontrol bisa mencegah timbulnya jerawat di wajah. Agar lebih maksimal, sarapan nasi merah bisa ditambah dengan sayuran hingga daging tanpa lemak.

4. Pepaya

Biji pepayaPepaya. Foto: iStock

Bagi yang terbiasa sarapan dengan buah-buahan, bisa mulai melirik pepaya sebagai alternatif sarapan sehat untuk meredakan jerawat. Buah manis yang satu ini tidak hanya bagus untuk melancarkan sistem pencernaan saja.

Tapi buah pepaya juga digadang-gadang bisa mengobati jerawat secara alami. Karena pepaya mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Kandungan papain di dalam pepaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membuat kulit tetap lembab, hingga mencegah munculnya jerawat. Rutin konsumsi pepaya juga bisa mencegah timbulnya kerutan di sekitar wajah.


5. Ubi Jalar

kulit ubi jalarkulit ubi jalar Foto: iStock

Sama seperti nasi merah, ubi jalar bisa jadi menu sarapan sehat yang mengenyangkan. Ubi mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meredakan jerawat.

Salah satu kandungannya ada retinol, yaitu turunan dari vitamin A yang bisa mengobati jerawat. Selain itu ada juga beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A. Fungsinya dapat mencegah kulit dari perdagangan hingga pori-pori wajah yang tersumbat.

Bagi yang masih berusia di bawah 30 tahun, ubi bisa menjadi makanan sehat untuk mencegah penuaan dan keriput di wajah. Ubi bisa diolah menjadi ubi kukus hingga kering ubi manis. Cek resep lengkapnya di sini.



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com