Sarapan 5 Makanan Sehat dan Enak Ini Bisa Bikin Wajah Bebas Jerawat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 07 Sep 2020 06:00 WIB
ilustrasi jerawat Foto: shutterstock

4. Pepaya

Biji pepayaPepaya. Foto: iStock

Bagi yang terbiasa sarapan dengan buah-buahan, bisa mulai melirik pepaya sebagai alternatif sarapan sehat untuk meredakan jerawat. Buah manis yang satu ini tidak hanya bagus untuk melancarkan sistem pencernaan saja.

Tapi buah pepaya juga digadang-gadang bisa mengobati jerawat secara alami. Karena pepaya mengandung anti-inflamasi yang bisa mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Kandungan papain di dalam pepaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membuat kulit tetap lembab, hingga mencegah munculnya jerawat. Rutin konsumsi pepaya juga bisa mencegah timbulnya kerutan di sekitar wajah.


5. Ubi Jalar

kulit ubi jalarkulit ubi jalar Foto: iStock

Sama seperti nasi merah, ubi jalar bisa jadi menu sarapan sehat yang mengenyangkan. Ubi mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meredakan jerawat.

Salah satu kandungannya ada retinol, yaitu turunan dari vitamin A yang bisa mengobati jerawat. Selain itu ada juga beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A. Fungsinya dapat mencegah kulit dari perdagangan hingga pori-pori wajah yang tersumbat.

Bagi yang masih berusia di bawah 30 tahun, ubi bisa menjadi makanan sehat untuk mencegah penuaan dan keriput di wajah. Ubi bisa diolah menjadi ubi kukus hingga kering ubi manis. Cek resep lengkapnya di sini.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com