11 Makanan yang Wajib Dihindari Saat Diet Agar Bisa Turun Belasan Kg!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 18:00 WIB
Makanan yang Wajib Dihindari Saat Diet Foto: YouTube Sabrina Chairunnisa
Jakarta -

Makanan yang wajib dihindari saat diet ini bisa membuat proses penurunan berat badan lebih maksimal. Hal ini disampaikan Sabrina Chairunnisa, artis sekaligus fitness enthusiast.

Mengatur pola makan adalah hal terpenting selama diet. Ada makanan yang bagus dikonsumsi rutin, namun ada juga yang wajib dihindari supaya berat badan bisa cepat turun.

Sabrina Chairunnisa, juara 3 Puteri Indonesia 2011 yang juga tunangan Deddy Corbuzier memberi tips seputar diet. Dirinya memang terkenal sebagai fitness enthusiast yang jalani pola hidup sehat.

Ia mengungkap 11 makanan yang wajib dihindari saat diet. Sabrina bahkan mengatakan dengan menghindari makanan ini sebulan bisa turun belasan kilo gram (kg).

Berikut daftar makanan yang wajib dihindari saat diet:

1. Keripik kentang dan kentang goreng

A bowl of potato chips on a rustic table.Foto: iStock

"Yang pertama harus kalian hindari itu adalah keripik kentang dan kentang goreng," ujar Sabrina. Dua makanan ini memiliki kalori yang sangat besar.

"Jangan lihat amount of serving-nya, karena cuma 4-5 keping. Yang kita makan sebungkus. Jadi kalorinya dikali dari yang kita makan. Ini agak tricky," bebernya. Untuk kentang goreng, per porsinya bisa mencapai 300 kkal. "Garamnya juga tinggi, sodiumnya tinggi, dan karbohidratnya juga ampun-ampunan (tingginya)," tambah Sabrina.

2. Minuman tinggi gula
Minuman teh kemasan, kopi susu, sampai minuman soda termasuk minuman tinggi gula. "Bahkan isotonic drink dan energy drink, kalian harus hati-hati karena kandungan gulanya," kata Sabrina.

Ia menyarankan untuk tidak sama sekali mengonsumsi minuman manis. "Tubuh kita cuma butuh minuman cuma air mineral. Itu aja cukup," tegas wanita berambut panjang ini.

3. Roti putih

Roti tawarFoto: Getty Images/iStockphoto/SasaJo

Roti putih sekilas tak mengapa jika dimakan satu atau dua lembar saja, namun faktanya roti sering disantap dengan beragam topping. Mulai dari yang gurih ataupun manis.

Sabrina menilai mengganti konsumsi nasi dengan roti, tidak lebih baik. Karena kalori dan karbohidratnya tak beda jauh. Kalau mau makan roti, pilih yang gandum utuh.

Baca Juga: Sukses Turunkan Berat Badan 20 Kilogram, Youtuber Ini Berbagi Tips Diet

4. Permen
"Biasanya orang makan permen untuk penyegar mulut. Hati-hati ya, kalian juga harus cek kalorinya dan gulanya," kata Sabrina. Pasalnya permen kerap tinggi gula dan tepung.

Ia menyarankan jangan sampai konsumsi makanan yang 'kecil-kecil' ini membuat usaha diet gagal. "Kalau mau cheat day, aku lebih pilih bakso lebih worthed buat aku," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Makanan yang Buat Dian Sastro Jatuh Cinta"
[Gambas:Video 20detik]