5 Tanda Tubuh Kamu Tak Bisa Mencerna Makanan dengan Baik

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 02 Sep 2020 14:30 WIB
5 Tanda Tubuh Kamu Tak Bisa Mencerna Makanan dengan Baik Foto: Getty Images/iStockphoto/

4. Buang Angin

5 Tanda Tubuh Kamu Tak Bisa Mencerna Makanan dengan Baik5 Tanda Tubuh Kamu Tak Bisa Mencerna Makanan dengan Baik Foto: Getty Images/iStockphoto/

Buang angin setelah makan sering dianggap normal oleh banyak orang. Terutama setelah mereka mengonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi seperti sayuran brokoli hingga kembang kol.

Akan tetapi jika buang anginnya terlalu berlebihan dan tidak bisa berhenti usai makan, bisa jadi itu tanda bahwa tubuh baru saja menolak makanan yang masuk.

Dalam banyak kasus, jika tubuh mengkonsumsi makanan yang tidak cocok atau sulit dicerna biasanya akan timbul efek kembung atau begah di dalam perut. Hal ini lah yang membuat kamu terus buang angin setelah menyantap makanan tertentu.


5. Kembung

5 Tanda Tubuh Kamu Tak Bisa Mencerna Makanan dengan Baik5 Tanda Tubuh Kamu Tak Bisa Mencerna Makanan dengan Baik Foto: Getty Images/iStockphoto/

Mirip seperti buang angin, kembung setelah makan merupakan hal yang sering kali terjadi. Tapi jika kembung di perut sudah terlalu besar dan membuat orang menjadi tidak nyaman, itu masuk ke dalam tanda-tanda intoleransi makanan.

Kembung terjadi ketika banyak udara atau gas masuk ke dalam sistem pencernaan. Hal ini normal terjadi ketika tubuh tengah mencerna makanan yang baru saja masuk dan memproduksi gas.

Ada beberapa makanan yang bisa membuat perut menjadi kembung seperti kacang-kacangan, brokoli, minuman bersoda, gandum, apel hingga produk olahan susu.

Baca Juga: 5 Kebiasan Makan yang Harus Dihindari Saat di Rumah agar Tubuh Tak Melar

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)