Sarapan Telur dan Keju Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Kata Ahli!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 01 Sep 2020 07:00 WIB
Sarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Penderita diabetes tipe 2 tak boleh makan makanan tinggi gula. Para ahli merekomendasikan sarapan dengan mengonsumsi telur orak-arik dan keju secukupnya.

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah melebihi nilai seharusnya. Hal ini lantaran tubuh tidak bisa menggunakan hormon insulin secara normal. Padahal hormon insulin padahal diperlukan untuk membantu gula (glukosa) masuk ke dalam sel tubuh agar diubah menjadi energi.

Gejala diabetes tipe2 beragam, termasuk timbulnya bagian tubuh yang menghitam, luka sulit sembuh, sampai penglihatan yang kabur. Untuk mengatasinya, penderita diabetes tipe 2 harus membatasi asupan makanan dan minuman tinggi gula.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Sarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita DiabetesSarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Menu sarapan juga perlu diperhatikan, apalagi di pagi hari glukosa darah berada pada level tertinggi. Penderita diabetes tidak harus selalu mengonsumsi makanan hambar, ada juga pilihan menu sarapan yang enak namun tetap sehat.

Seperti dilansir dari Express (26/8), olahan telur bisa diandalkan jadi menu sarapan untuk penderita diabetes. Suatu komunitas menyarankan untuk membuat telur itu jadi telur orak-arik yang lezat.

Sarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita DiabetesSarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Telur punya rasa yang enak dan bisa diolah dengan mudah, walaupun begitu telur sangat sehat untuk tubuh. Karena di dalamnya mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, sodium, dan kolin, seperti dilansir dari Good Doctor (23/7).

Peneliti dari University of Eastern Finland meneliti soal konsumsi telur saat sarapan pada 2.332 partisipan yang berkisar pada usia 42-60 tahun. Penelitian selama 4 minggu ini menemukan mereka yang makan telur mengalami penurunan kadar glukosa dalam darah dibandingkan yang hanya mengonsumsi telur sekali setiap minggunya.

"Telur mengandung beberapa nutrisi bermanfaat yang dapat memengaruhi metabolisme glukosa dalam tubuh," ungkap peneliti.

Sarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita DiabetesSarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of CLinical Nutrition ini mendukung kalau telur dapat jadi pilihan sarapan yang baik bagi penderita diabetes.

Telur orak-arik itu sebaiknya ditambahkan sayuran seperti potongan tomat dan jamur yang ditumis. Kalau ada paprika di kulkas juga bisa ditambahkan.

Kalau ingin menambahkan asupan serat harian, telur orak-arik bisa disajikan dengan olahan bayam. Tak hanya itu, keju juga bisa ditambahkan untuk menikmati telur orak-arik.

Sarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita DiabetesSarapan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes Foto: iStock

Menurut Medical News Today, keju direkomendasikan untuk menu sarapan karena memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Glikemik yang rendah memiliki arti kalau keju dapat melepaskan glukosa secara perlahan. Oleh karenanya, keju bisa dikonsumsi untuk sarapan karena tidak memicu lonjakan glukosa.

Namun perlu diperhatikan pula jenis keju yang dikonsumsi. Pilih keju ynag mengandung paling sedikit garam, misalnya seperti Wensleydale, mozarella, dan emmental. Jangan pilih keju yang tinggi grama seperti halloumi, feta, dan keju lembaran kemasan.

Baca Juga: Kata Ahli Gizi Ini Waktu yang Ideal untuk Sarapan



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)