Kata Ahli Gizi Ini Waktu yang Ideal untuk Sarapan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 06:00 WIB
Waktu yang ideal untuk sarapan Waktu ideal untuk sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Sarapan merupakan waktu makan terpenting dalam sehari. Namun, tahukah kamu kapan waktu yang ideal untuk makan sarapan? Ini jawabannya.

Banyak ahli gizi yang menyebut bahwa sarapan sangat penting untuk dilakukan. Sarapan di pagi hari banyak memberikan manfaat, seperti meningkatkan metabolisme dan memberikan energi pada tubuh untuk bisa melakukan aktivitas harian dengan baik.

Sarapan yang baik bukan hanya tentang nutrisi sehat yang diasup oleh tubuh, tetapi juga tentang waktu yang tepat untuk melakukan sarapan. Dilansir dari Times of India (14/07) waktu terbaik untuk sarapan adalah dua jam setelah bangun tidur.

Waktu yang ideal untuk sarapanWaktu yang ideal untuk sarapan Foto: iStock

Baca Juga : 5 Menu Sarapan Kekinian yang Populer di Tahun 2019

Hal tersebut juga banyak dianjurkan oleh para ahli gizi. Jika kamu rutin melakukan gym atau olahraga di pagi hari, lebih baik mengonsumsi makanan ringan seperti buah pisang atau roti panggang alpukat setidaknya setengah jam sebelum berolahraga.

Namun, jika kamu sering merasa mual saat makan makanan ringan sebelum olahraga, kamu bisa melakukannya setelah selesai olahraga. Manfaat lain dari melakukan sarapan adalah bisa menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu harus melakukan di waktu yang tepat.

Seperti yang disampaikan oleh para peneliti dari Universitas Harvard. Dalam penelitian itu menyebut bahwa waktu yang tepat untuk sarapan agar bisa menurunkan berat badan adalah tidak lebih dari 12-14 jam setelah makan malam.

Waktu yang ideal untuk sarapanWaktu yang ideal untuk sarapan Foto: iStock

"Melebihi waktu lebih dari ini tidak baik untuk perjalanan penurunan berat badan. Namun, kamu harus memperhatikan bagaimana tubuh merespon. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum melakukannya," ujar peneliti.

Penelitian tersebut mendukung fakta bahwa berpuasa selama 12 jam antara makan malam dan sarapan sangat baik untuk pencernaan makanan yang lengkap. Celah waktu itu bisa meningkatkan kualitas tidur.

Lebih lanjut, para peneliti juga membeberkan waktu-waktu terbaik mulai dari waktu sarapan, camilan hingga waktu makan malam yang ideal.

Waktu yang ideal untuk sarapanWaktu yang ideal untuk sarapan Foto: iStock

Sarapan : jam 6 pagi hingga 10 pagi
Camilan pagi : 2 - 4 jam setelah sarapan
Makan siang : sebelum jam 3 sore
Camilan sore : 2 - 4 jam setelah makan siang
Makan malam : antara jam 5 sore hingga 8 malam

Makan sarapan pada waktu yang tepat akan membantu kamu untuk menjaga berat badan normal. Selain itu, juga bisa mengatur kadar gula darah, membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol dan membantu kamu lebih berenergi.

Baca Juga : Ini 5 Hal yang Dicari Orang Kantoran Saat Sarapan



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)