7 Manfaat Daun Salam yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Puti Yasmin - detikFood Minggu, 30 Agu 2020 18:00 WIB
daun salam Foto: iStock/7 Manfaat Daun Salam yang Luar Biasa untuk Kesehatan
Jakarta -

Daun salam tak hanya bisa diandalkan untuk menambah cita rasa dalam berbagai jenis masakan baik itu tumisan, sup, dan pepes. Ternyata daun salam kering dan yang masih segar juga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Tumbuhan dengan nama latin Eugenia polyantha Wight ini pada dasarnya hidup liar di hutan pegunungan. Tinggi batang pohonnya bahkan bisa mencapai 25 meter dengan daun yang rimbun.

Daun salam sendiri diketahui memiliki zat-zat warna, samak, minyak atsiri yang bersifat antibakteri. Selain itu, ada juga zat tanin yang bersifat astringent atau menyusutkan.

Berikut manfaat daun salam kering:

1. Manfaat Daun Salam untuk Darah Tinggi

Daun salam bisa dimanfaatkan air rebusannya untuk mengatasi darah tinggi. Pasalnya, daun salam mengandung mineral yang bisa membantu peredaran darah menjadi lebih lancar.

Air rebusan daun salam sebaiknya dikonsumsi secara rutin bagi penderita hipertensi. Dengan begitu, keluhan darah tingginya dijamin berkurang.

2. Manfaat Daun Salam untuk Wanita

Bagi kaum hawa, daun salam memiliki banyak manfaat yang berlimpah. Terlebih untuk kecantikan karena daun salam mengandung zat astringent yang bisa menyusutkan pori, membersihkan jerawat di wajah.

3. Manfaat Daun Salam untuk Kolesterol

Agar kadar kolesterol dapat terkontrol di dalam darah, sebaiknya konsumsi air rebusan daun salam. Caranya cukup dengan merebus 7 lembar daun dan 30 gram daun ceremai dalam air 600 cc.

Kemudian masak air hingga berkurang sampai setengah. Minum air rebusan secara teratur agar kadar kolesterol dapat berkurang.

4. Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat

Kandungan diuretik pada daun salam bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebab, diuretik bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh yang berdampak pada penurunan kadar asam urat.

Selain itu, sifat analgesiknya juga bisa mengurangi rasa sakit saat nyeri asam urat menyerang.

5. Manfaat Daun Salam untuk Diet

Meminum air rebusan daun salam juga mampu menurunkan berat badan detikers. Caranya cukup merebus tujuh lembar daun dan diseduh selama setengah jam. Minum air dua kali sehari selama satu bulan untuk melihat hasilnya.

6. Manfaat Daun Salam untuk Jatung

Kandungan flavonoid dalam daun salam bisa menyehatkan jantung para pengonsumsinya. Sebab, kandungan tersebut bisa mencegah stroke karena bersifat mengencerkan darah.

7. Manfaat Daun Salam untuk Diabetes

Daun salam mengandung antioksidan yang bisa mengatasi diabetes. Sebab, antioksidan dalam tubuh bisa membantu proses insulin guna mengolah gula dalam tubuh agar lebih efisien

Selamat mencoba manfaat daun salam!



Simak Video "Inovasi Strudel Pisang Kepok ala Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)