7 Makanan Khas Bengkulu Ini Bisa Jadi Menu Buka Puasa Hari Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 15:00 WIB
nagasari Makanan khas Bengkulu. Foto: Wikipedia
Jakarta -

Makanan khas Bengkulu bisa jadi menu berbuka puasa hari ini bagi kamu yang menjalankan puasa sunah Kamis. Selain gurih, makanan khas Bengkulu juga banyak yang dibuat dengan cita rasa manis.

Makanan khas Bengkulu dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan lokal dan rempah unik. Kalau tempoyak kurang cocok dinikmati untuk berbuka puasa, jangan khawatir. Bengkulu masih memiliki banyak makanan enak dengan rasa manis dan gurih lainnya yang sangat cocok untuk hidangan berbuka nanti.

Berikut ini beberapa makanan khas Bengkulu yang enak:

1.Kue Lepek Biniti

nagasariKue khas Bengkulu. Foto: Wikipedia


Makanan khas Bengkulu yang pertama adalah kue lepek biniti. Sekilas kue ini mirip dengan nagasari, akan tetapi teksturnya kenyal dan rasanya gurih. Kue lepek ini dibuat dengan tepung ketan, garam, santan, daun salam dan lengkuas. Di dalamnya biasa diisi dengan potongan daging sapi giling.Kue ini selalu ada saat bulan Ramadan dan dijadikan sebagai kudapan untuk berbuka puasa.

2. Kue Tat

makanan khas bengkulumakanan khas bengkulu Foto: Istimewa


Makanan khas Bengkulu kue tat wajib dicoba. Dulu, kue ini hanya disajikan untuk seorang raja dan orang-orang di kalangan ningrat saja. Tetapi kini kue tat sudah bisa kamu temui dan banyak yang menjualnya. Tidak hanya bisa dinikmati untuk berbuka puasa, kue tat juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Kue tat merupakan kue yang disajikan dalam ukuran kecil seperti biskuit dan dikenal dengan nama kue anak tat. Rasanya manis, gurih dan teksturnya empuk.

3. Pendap

makanan khas bengkulumakanan khas bengkulu Foto: Istimewa


Makanan khas Bengkulu yang dibungkus daun talas adalah pendap. Pendap menjadi makanan tradisional dengan cita rasa gurih yang sering dikonsumsi masyarakat Bengkulu. Pendap dibuat dengan ikan yang dicampurkan dengan bumbu seperti bawang putih, cabai giling, kencur dan kelapa parut muda.

Pendap disajikan dengan bungkusan daun talas dan enak disantap dengan nasi hangat.

4. Lemang Tapai

lemang tapailemang tapai Foto: Atmaja Suhendra/d'Traveler


Lemang tapai menjadi salah satu makanan khas Bengkulu. Lemang dibuat dengan bahan dasar beras ketan. Setelah lemang matang kemudian dibakar di atas bara api sehingga aromanya lebih terasa.

Lemang sangat cocok dinikmati bersama dengan tapai yang rasanya manis asam.

5. Lempuk Durian

lempok durianlempok durian Foto: Istimewa


Makanan khas Bengkulu yang satu ini mirip seperti dodol yang dibuat dengan bahan tepung ketan dan buah durian. Teksturnya lengket dan kenyal dengan sensasi aroma durian yang nikmat. Tertarik mencoba?

6. Bolu Koja

makanan khas bengkulumakanan khas bengkulu Foto: Istimewa


Bolu koja menjadi makanan tradisional yang berasal dari Bengkulu, Jambi dan Riau. Cocok jadi menu buka puasa, bolu koja terbuat dari telur, tepung terigu, gula, santan dan campuran daun pandan dan suji. Teksturnya lembut dan manis, enak dinikmati dengan secangkir teh atau kopi.

7. Gulai Pisang

makanan khas bengkulumakanan khas bengkulu Foto: Istimewa


Menu ini sangat unik. Kalau biasanya pisang diolah dengan cara digoreng atau dijadikan campuran kue. Di Bengkulu, pisang yang masih muda bisa diolah menjadi gulai. Dicampur dengan rempah dan santan, masyarakat Bengkulu sangat menyukai makanan ini.

Kalau kamu suka, bisa juga jadi makanan khas Bengkulu untuk berbuka puasa sunah hari ini.



Simak Video "Resep Berbuka Puasa: Tumis Cumi Petai "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com