Roti Manis Kekinian

7 Manfaat Bikin Kue dan Roti untuk Kesehatan Mental

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Agu 2020 08:00 WIB
Kegiatan membuat kue dan roti (baking) Foto: Getty Images/AnVr
Jakarta -

Bikin kue dan roti tak sekadar menghasilkan roti, cookies, atau kue yang enak. Ada manfaat lain yang tersembunyi dari kegiatan bikin kue ini. Terutama untuk kesehatan mental!

Membuat kue jadi aktivitas banyak orang saat pandemi COVID-19 mengharuskan semua di rumah saja. Selain bisa mengisi waktu dan menghasilkan camilan enak, kegiatan bikin kue dan roti (baking) ternyata bisa meredakan stress yang kerap muncul.

Proses menyiapkan, mengadoni, membentuk, hingga memanggang adonan ternyata memunculkan kesenangan tersendiri bagi mereka yang melakukannya. Belum lagi ketika matang, ada aroma menggugah selera dari roti atau cookies yang seketika membuat kita lebih bersemangat.

Dikutip dari Your Digital Center (28/8), faktanya kegiatan bikin kue dan roti memang bagus untuk kesehatan mental. detikFood merangkum informasinya seperti berikut:

1. Bikin kue dan roti seperti meditasi

Kegiatan membuat kue dan roti (baking)Kegiatan membuat kue dan roti (baking) Foto: Getty Images/AnVr

Aktivitas apapun yang membutuhkan perhatian penuh, terutama yang mudah dan sering dilakukan, seperti kegiatan membuat kue dan roti akan menghasilkan kualitas rileks seperti kegiatan meditasi.

Hal ini bisa dirasakan ketika seseorang menakar mentega atau gula, mengocok telur, melipat adonan, dan banyak lainnya. Aktivitas ini akan memunculkan rasa damai di pikiran sekaligus menghilangkan pikiran negatif.

2. Sering bikin kue terbukti bikin bahagia
Ada sebuah penelitian yang menemukan mereka yang terlibat dalam proses kreatif seperti memasak dan bikin kue, terbukti lebih bahagia. Peneliti menemukan kaitan antara proses berpikir kreatif tiap hari dengan fungsi psikologis yang positif.

Kegiatan bikin kue dan roti sebagian besar berfokus pada bagaimana emosi bermanfaat bagi kreativitas. Sebab seseorang bisa mengekspresikan diri mereka saat membuat kue, sama halnya dengan ketika melukis atau menulis.

Baca Juga: Memasak Kini Jadi Bagian Terapi Pengobatan Depresi dan Penyakit Mental

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kisah Livianca Venaessa, Lulusan Hukum Sukses Bisnis Baking Studio"
[Gambas:Video 20detik]