7 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang Bombai Mentah Secara Rutin

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 11:30 WIB
Manfaat Sehat Bawang Bombai Foto: iStock
Jakarta -

Bawang bombai biasa dipakai sebagai bumbu agar masakan jadi lebih sedap. Tapi bawang bombai juga bisa dikonsumsi mentah dan bermanfaat untuk kesehatan.

Bawang bombai merupakan jenis bawang yang ukurannya besar. Jenisnya dibedakan dari warna yaitu bawang bombai merah dan bawang bombai biasa yang warnanya kuning. Tapi keduanya punya rasa serupa.

Biasanya bawang bombai dipakai sebagai bumbu karena bisa menambahkan aroma masakan sekaligus memberi cita rasa manis dan gurih. Selain itu, bawang bombai sebenarnya juga bisa dikonsumsi mentah.

Agar rasanya makin enak, bawang bombai mentah bisa ditambahkan sebagai campuran salad. Enak juga dijadikan campuran burger, kebab, sandwich, dan lainnya.

Dilansir dari Times of India (10/8), kebiasaan mengonsumsi bawang bombai mentah secara rutin bisa bermanfaat untuk tubuh.

Berikut 7 hal yang akan terjadi pada tubuh kalau konsumsi bawang bombai mentah.

1. Kaya Zat Antioksidan

Manfaat Sehat Bawang BombaiManfaat Sehat Bawang Bombai Foto: iStock

Mirip dengan jenis bawang lainnya, bawang bombai juga kaya zat antioksidan. Faktanya bawang bombai mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang berbeda.

Kalau mengonsumsinya secara rutin, bawang bombai dapat berfungsi menghambat oksidasi. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan sel yang berkontribusi pada penyakit kronis.

Baca Juga:Rasanya Enak, Ini 8 Manfaat Sehat Konsumsi Bawang Bombay

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat Sehat Bawang BombaiManfaat Sehat Bawang Bombai Foto: iStock

Kalau kamu memiliki masalah jantung, mengonsumsi bawang bombai mentah bisa jadi solusinya. Sebaiknya konsumsi secara rutin karena kandungan flavonoid yang tinggi.

Flavonoid yang terdapat pada bawang bombai dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kandungan tiosulfinat juga berfungsi dalam menjaga konsistensi darah. Sehingga risiko serangan jantung dan stroke berkurang.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat Sehat Bawang BombaiManfaat Sehat Bawang Bombai Foto: iStock

Kanker merupakan penyakit kronis yang sampai saat ini belum ada obatnya. Kanker dapat menyerang seseorang karena gaya hidup yang buruk. Untuk itu gaya hidup sehat perlu dilakukan.

Seperti mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya. Bawang bombai mentah bisa jadi salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi rutin. Ini karena zat antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas pemicu kanker.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asia Pasific Journal of Clinical Oncology, para peneliti menguji sebanyak 833 orang pengidap kanker kolorektal dan 833 orang yang tidak terjangkit kanker. Hasil penelitian menunjukkan kalau risiko kanker lebih rendah 79% ketika mereka rutin mengonsumsi sayuran mengandum allium, seperti bawang bombai.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]