Setelah Makan Banyak Gorengan, Konsumsilah 5 Makanan dan Minuman Ini

Odilia WS - detikFood Kamis, 06 Agu 2020 08:00 WIB
gorengan untuk sarapan Foto: Instagram

2. Konsumsi minuman detoks

Minuman detoks bisa berupa jus buah dan sayuran segar. Minumann ini membantu mengeluarkan racun yang terkumpul dalam pencernaan karena konsumsi gorengan. Banyak peneliti menganjurkan konsumsi minuman detoks untuk bersihkan racun dan turunkan berat badan.

Sebuah studi di Korea menunjukkan minum jus lemon atau diet detoks lemon mengalami pengurangan lemak tubuh dan kadar insulin yang stabil. Air lemon bisa dinikmati dengan air hangat.

Jus buah dan sayurSetelah Makan Banyak Gorengan, Konsumsilah 5 Makanan dan Minuman Ini Foto: Istock

3. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur segar

Setiap hari orang dianjurkan konsumsi sayuran untuk mendapatkan asupan vitamin, mineral dan serat harian. Konsumsi makanan gorengan yang kurang serat dan mengandung banyak lemak trans bisa memicu kesulitan BAB.

Konsumsi potongan buah segar untuk sarapan atau camilan di siang dan sore hari. Lengkapi menu harian dengan salad sayuran segar atau tumisan sayuran. Jika bisa usahakan sayuran dan buah seminimal mungkin dimasak. Makin segar makin baik.

4. Konsumsi makanan probiotik

Seperti diketahui banyak makanan probiotik yang menyehatkan usus. Berbagai jenis makanan fermantasi seperti yogurt, kimchi hingga tempe mengandung baktri baik untuk usus.

Kandungan probiotik dalam makanan tersebut menyehatkan pencernaan dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus. Keduanya mendorong terbentuknya imunitas tubuh.

5. Konsumsi jahe

Rempah jahe bisa mengurangi lemak yang dikonsumsi dari makanan gorengan sekaligus mencegah peradangan. Jahe juga sangat baik untuk kesehatan hati dan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Selain itu jahe juga menyehatkan pembuluh darah jantung. Jahe bisa dikonsumsi sebagai wedang jahe. Atau tambahkan jahe parut dalam racikan teh atau kopi yang dikonsumsi di pagi dan sore hari. Rasa pedas hangat jahe akan menghangatkan perut dan badan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com