Waspadai 5 Makanan Sumber Lemak Trans yang Bahayakan Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 18:30 WIB
5 Makanan Mengandung Lemak Trans Foto: iStock
Jakarta -

Banyak makanan mengandung lemak trans yang dapat membahayakan kesehatan. Beberapa makanan tersebut diantaranya cookies hingga aneka gorengan.

Makanan sejatinya dikonsumsi untuk membuat perut kenyang dan menambah energi harian. Makanan yang baik dikonsumsi dan punya beragam manfaat untuk tubuh utamanya berupa sayuran dan buah-buahan. Ada juga aneka minuman seperti air putih, teh hijau, dan kopi.

Namun banyak juga makanan yang tidak sehat. Beberapa makanan tersebut mengandung lemak trans yang sangat membahayakan tubuh. Diantaranya cookies, permen, mentega, hingga gorengan.

Lemak trans disebut-sebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Nantinya dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan jantung hingga kanker. Karenanya kelima makanan berikut sebaiknya dihindari agar tak terjadi berbagai penyakit.

Dilansir dari Food NDTV (17/6), berikut 5 makanan yang mengandung lemak trans.

Baca Juga: Mentega Dari Lemak Serangga Lebih Sehat? Ini Faktanya

1. Mentega

Mentega berbahan lemak yang ada di susu sapi. Lemak tersebut diendapkan hingga menjadi krim yang bentuknya persegi panjang dan berwarna kuning pucat. Kegunaannya untuk melumuri roti tawar atau menumis aneka hidangan.

Rasanya gurih dan aromanya cukup wangi sehingga membuat aneka hidangan terasa nikmat ketika disantap. Namun ternyata mentega tidak baik untuk kesehatan karena adanya kandungan lemak trans. Mentega terlalu banyak mengandung minyak dan hidrogen.

Semakin padat tekstur dari mentega, maka semakin terhidrogenasi. Meski banyak jenis mentega yang dipasarkan dengan label non-lemak trans, tapi jangan percaya begitu saja. Untuk menghindari jahatnya lemak trans, ada baiknya mengganti mentega dengan minyak zaitun yang jauh lebih sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3