Mentega Dari Lemak Serangga Lebih Sehat? Ini Faktanya

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Feb 2020 06:30 WIB
mentega terbuat dari lemak serangga Mentega terbuat dari lemak serangga disebut lebih sehat Foto: Istimewa
Jakarta -

Serangga diperkirakan akan menjadi bahan utama pembuatan mentega. Bahkan penelitian mengklaim mentega terbuat dari lemak serangga jauh lebih menyehatkan.

Biasanya mentega tersebut dari susu dan krim. Namun, kini telah ditemukan dalam sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa di masa depan, mentega akan terbuat dari lemak serangga.

Beberapa penelitian lain sebelumnya memang telah menyebutkan bahwa serangga akan menjadi makanan masa depan yang menyehatkan. Bahkan para ahli menyarankan manusia untuk beralih mengonsumsi serangga.

Mentega Dari Lemak Serangga Lebih Sehat? Ini FaktanyaMentega terbuat dari lemak serangga Foto: Istimewa

Namun, serangga yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan mentega tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Para peneliti di Universitas Ghent di Belgia juga mempelajari apakah penguji rasa dapat membedakan antara makanan yang dibuat dengan mentega tradisional dan mentega terbuat dari serangga.

Untuk dapat membedakan, mereka membuat tiga versi kue yang menggunakan mentega yaitu menggunakan mentega biasa, menggunakan seperempat mentega tersebut dari lemak serangga dan terakhir menggunakan setengah mentega yang terbuat dari lemak serangga.

Baca Juga : Tawon hingga Capung, Ini 10 Serangga yang Aman Dikonsumsi

Menurut hasil penelitian tersebut, penguji rasa tidak bisa membedakan antara kue mentega biasa dengan kue mentega terbuat dari lemak serangga. Lebih lanjut, mentega serangga tersebut dibuat dari larva lalat tentara hitam.

Mentega Dari Lemak Serangga Lebih Sehat? Ini FaktanyaMentega terbuat dari lemak serangga disebut lebih sehat Foto: Istimewa

Peneliti bernama Dylan Tzompa-Sosa mengatakan bahwa pembuatan mentega terbuat dari lemak serangga dapat bermanfaat pada ekologis. Selain itu, ia juga mengklaim mentega terbuat dari serangga sangat sehat untuk manusia.

"Lemak serangga mengandung asam laurat, yang memerikan atribut nutrisi positif karena lebih mudah dicerna dari pada mentega biasa. Selain itu, asam laurat memiliki efek antibakteri, antimikroba dan antimikotik," ujar Dylan Tzompa-Sosa seperti yang dikutip dari Fox News (19/02).

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam serangga, membuat mentega tersebut dari serangga itu dapat menghilangkan berbagai virus, bakteri, bahkan jamur yang berbahaya di dalam tubuh dan memiliki efek positif dalam tubuh.

Mentega Dari Lemak Serangga Lebih Sehat? Ini FaktanyaMentega terbuat dari serangga disebut lebih sehat Foto: Istimewa

Selain mentega, ternyata ada beberapa olahan makanan di berbagai negara yang terbuat dari serangga. Seperti Beondegi dari Korea Selatan, Inago dari Jepang, Tarantula goreng dari Kamboja, Water Bug dari Thailand dan masih banyak lagi.

Menurut beberapa penelitian serangga merupakan sumber protein yang diperlukan untuk tubuh manusia.

Baca Juga : Nyam! 7 Olahan Serangga Ini Mungkin Bikin Kamu Doyan Menyantapnya



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)