Hangatkan Pagi Dengan Secangkir Kopi Telur yang Creamy

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 12 Agu 2019 07:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bosan dengan seduhan kopi yang biasa? Pagi ini kamu bisa mencoba racikan kopi plus telur yang creamy wangi. Dijamin pagimu bakal penuh semangat!

Selain dengan campuran krim segar (fresh cream) dan susu segar, kopi hitam juga enak dicampur dengan telur mentah. Racikan kopi telur ini di Vietnam dikenal dengan nama cha pe trung. Kedai kopi di Vietnam hampir semuanya punya menu kopi ini dengan harga terjangkau.

Mengapa telur dicampur dengan kopi? Hal ini tentu saja jadi pertanyaan banyak orang. Rasa telur terutama kuningnya gurih dan jadi creamy saat dikocok. Citarasa ini dapat menetralisir tiannis yang sedikit pahit pada biji kopi sehingga rasanya lebih enak.


Hangatkan Pagi Dengan Secangkir Kopi Telur yang CreamyFoto: iStock


Telur mentah sering dianggap berbahaya bagi kesehatan karena bisa mengandung bakteri salmonella. Tetapi dalam proses pembuaatn kopi ini selain mengalami pemanasan, kuning telur juga dikocok hingga berbuih creamy bersama susu kental manis. Proses ini bisa membuat bakteri salmonella mati karena terkena panas kopi.

Untuk meracik 2 cangkir kopi telur ini hanya 3 bahan yang perlu kamu siapkan.
  • 600 ml air kopi kental panas
  • 2 kuning telur ayam
  • 2 sdm susu kental manis, bisa ditambahkan jika suka rasa manis
1. Buat seduhan air kopi kental dari kopi bubuk yang dipanggang 'dark roast' sedikit gosong. Bisa memakai Vietnam drip, mesin kopi atau seduhan tubruk.

Hangatkan Pagi Dengan Secangkir Kopi Telur yang CreamyFoto: iStock

2. Taruh kuning telur dan susu kental manis dalam mangkuk. Kocok dengan tangan atau hand mixer hingga berbuih halus, warnanya pucat, mengembang creamy.

3. Tuang kopi panas ke dalam 2 cangkir. Tuangkan telur kocok dari pinggir cangkir hingga menutupi permukaan cangkir.

4. Sajikan segara, Nikmati dengan cara dihirup hangat atau diaduk lebih dulu.

Kopi telur ini paling enak dinikmati hangat. Tak ada lagi aroma amis telur dan kopi jadi lebih creamy enak. Jika suka bisa ditaburi kayumanis bubuk atau ditambahkan sedikit ekstrak vanili dalam kopi panasnya.



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)