5 Gejala yang Terjadi saat Keracunan Makanan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 10:30 WIB
Gejala keracunan makanan Gejala keracunan makanan Foto: iStock

2. Diare

Gejala keracunan makananGejala keracunan makanan Foto: iStock

Diare ada kondisi tubuh yang ditandai dengan feses encer dan terjadi beberapa kali dalam 24 jam. Kondisi seperti ini bisa jadi salah satu tanda atau gejala kamu mengalami keracunan makanan. Itu terjadi karena peradangan yang membuat usus kurang efektif menyerap kembali air atau cairan lain yang dikeluarkan selama pencernaan.

Tak hanya itu, diare juga disertai dengan gejala lain, seperti kembung dan kram perut. Diare dapat menyebabkan tubuh kamu kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya dan kondisi seperti ini dapat berisiko tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Jika tubuh tidak mentolerir makanan padat, kamu bisa mengonsumsi sup kaldu untuk menghidrasi tubuh dan memberikan sedikit energi. Selain itu perhatikan juga warna urine, jika warnanya lebih gelap dari biasanya, sebaiknya segera periksa ke dokter.

3. Sakit Kepala

Gejala keracunan makananGejala keracunan makanan Foto: iStock

Sakit kepala juga penyakit yang sangat umum. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti stres, dehidrasi hingga kelelahan. Namun, ini bisa jadi gejala tubuh mengalami keracunan makanan.

Keracunan makanan dapat menyebabkan kamu menjadi lelah dan dehidrasi hingga berakhir dengan sakit kepala. Dehidrasi yang membuat sakit kepala dapat mempengaruhi otak. Selain itu juga berlanjut dengan kehilangan cairan dalam tubuh.

Jika kamu merasakan sakit kepala dan dibarengi muntah dan diare bisa dipastikan bahwa kamu mengalami keracunan makanan. Jika tidak segera ditangani tubuh akan jadi lelah dan bisa berakibat fatal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]