Kasus Keracunan Makanan di Jakarta, Pihak Resto dan Mal Beri Klarifikasi

Riska Fitria - detikFood Minggu, 05 Jan 2020 17:44 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Setelah viral kasus keracunan makanan yang dialami belasan pelanggan restoran Saigon Delight di Lippo Mall Puri, pihak restoran dan mall beri klarifikasi.

Melalui unggahan di instagram, Jennifer menceritakan pengalaman keracunan makanan yang dialami oleh suami dan anaknya setelah makan malam di restoran Saigon Delight yang berada di Lippo Mall Puri. Dalam kasus keracunan makanan tersebut, muncul isu bahwa itu terjadi karena adanya masalah pada sumber air bersih di Lippo Mall Puri setelah terkena banjir.

Namun, melalui instagram resminya, Tim Management Lippo Mall Puri mengatakan bahwa sumber air bersih yang digunakan untuk restoran yang ada di sana adalah menggunakan PDAM. Sementara peristiwa keracunan makanan di Saigon Delight terjadi pada tanggal 28 Desember, sebelum terjadinya banjir di area Puri. Saat ini pihak mal belum bisa dikontak karena hari libur.

Lebih lanjut, mereka juga mengatakan yang mengalami keracunan makanan hanyalah pelanggan dari Saigon Delight saja dan tidak pada restoran lain yang ada di Lippo Mall Puri. Sebelumnya mereka juga tidak pernah mengalami hal serupa, karena mereka selalu melakukan hygiene check pada restoran-restoran di sana sebagai salah satu standard operasional.

Meskipun begitu mereka mengaku akan terus melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui duduk perkara dari keracunan makanan yang terjadi pada pelanggan restoran Saigon Delight. Kemudian, setelah unggahan kasus keracunan makanan yang dialami oleh kelaurga Jennifer menjadi viral, muncul korban-korban lain yang mengalami hal serupa.

Baca Juga : Hindari Keracunan Makanan dengan Memperhatikan 5 Hal Ini

Kasus Keracunan Makanan di Jakarta, Pihak Resto dan Mal Beri KlarifikasiFoto: Instagram


Namun, para korban mengaku itu tidak hanya terjadi di restoran Saigon Delight yang berada di Lippo Mall Puri saja, melainkan juga terjadi di beberapa cabang lainnya seperti di MOI dan Living World Alam Sutra. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada restoran Saigon Delight.

Tim detikcom langsung menghubungi Santi salah satu PIC di restoran Saigon Delight untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Santi membenarkan adanya laporan keracunan makanan pada pelanggannya. Menurut Santi, pihak dari Saigon Delight, langsung melakukan pengecekan untuk mengetahui apa yang menyebabkan keracunan makanan.

"Begitu menerima laporan kita langsung investigasi. Kita cek laboratorium semua bahan-bahan kita untuk mencari tahu kemungkinan-kemungkinan," ujar Sari kepada detikcom (5/1).

Kasus Keracunan Makanan di Jakarta, Pihak Resto dan Mal Beri KlarifikasiFoto: Instagram


Namun, saat dihubungi lagi, Santi belum memberitahu apa hasil laboratorium dari pengecekan bahan-bahan makanan yang digunakan di Saigon Delight.

Melalui kolom komentar akun Instagram @saigon_delight pihak restoran memberikan klarifikasi, hanya untuk kasus di Lippo Mall Puri saja. Mereka sedang melakukan penelusuran penyebab keracunan. Termasuk sistem dan prosedur internal yang mereka lakukan yang bisa menyebabkan keracunan.

Baca Juga : Makan di Restoran Vietnam di Jakarta, Belasan Orang Keracunan



Simak Video "Ada Cita Rasa Khas Vietnam di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)