5 Gejala yang Terjadi saat Keracunan Makanan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 10:30 WIB
Gejala keracunan makanan Gejala keracunan makanan Foto: iStock
Jakarta -

Hati-hati saat memilih makanan, jika tidak kamu bisa mengalami keracunan makanan. Keracunan makanan dapat ditandai dengan beberapa kondisi tubuh seperti ini.

Keracunan makanan adalah kondisi di mana tubuh terkontaminasi dengan makanan yang mengandung organisme seperti bakteri, virus maupun parasit yang dihasilkan dari organisme tertentu.

Keracunan makanan dapat ditandai dengan beberapa gejala pada tubuh. Gejala tersebut seperti sakit perut, diare, sakit kepala, muntah hingga demam. Gejala tersebut dapat dirasakan setelah beberapa saat makan makanan yang terkontaminasi.

Jika tidak ditangani segera, keracunan makanan bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, kelelahan atau yang lebih fatal lagi sampai meninggal dunia. Karenanya, saat memilih makanan pastikan makanan tersebut higienis.

Dilansir dari Healthline (02/08/17), berikut 5 gejala saat mengalami keracunan makanan.

1. Nyeri Perut dan Kram

Gejala keracunan makananGejala keracunan makanan Foto: iStock

Gejala yang paling umum ketika kamu mengalami keracunan makanan adalah perut terasa nyeri. Bahkan saking nyerinya sampai terasa ke bagian tulang rusuk hingga atas panggul. Dalam kasus keracunan makanan, organisme berbahaya dapat menghasilkan racun yang mengiritasi lapisan lambung dan usus.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan radang yang menyakitkan di bagian perut. Selain itu, orang yang mengalami keracunan makanan juga merasakan kram. Itu karena otot perut berkontraksi untuk mempercepat pergerakan alami usus untuk menyingkirkan organisme berbahaya secepat mungkin.

Nyeri perut dan kram mungkin dapat terjadi karena beberapa kemungkinan, bisa karena keracunan makanan bisa juga yang lain. Sebaiknya jika kamu mengalami sakit yang parut pada bagian perut langsung periksalah ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga :Kasus Keracunan Makanan di Jakarta, Pihak Resto dan Mal Beri Klarifikasi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]