5 Manfaat Jus Mengkudu, Pahit Tapi Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 09:00 WIB
Fakta Jus Mengkudu yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Jus mengkudu punya banyak manfaat sehat. Mulai dari tingkatkan imunitas tubuh hingga sehatkan jantung. Berikut manfaat jus mengkudu.

Mengkudu merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia. Bentuknya lonjong kecil dengan warna hijau dan kekuningan ketika matang. Tapi buah ini tak umum dikonsumsi karena aromanya menyengat dan rasanya pahit.

Padahal mengkudu bisa dijadikan minuman yang menyehatkan seperti jus. Mengkudu menyediakan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti sifatnya yang rendah kalori, tinggi vitamin C, hingga potasium.

Manfaat jus mengkudu sangat beragam, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengurangi rasa stress, dan lainnya.

Dilansir dari beragam sumber, berikut 5 manfaat jus mengkudu untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya Khasiat

1. Nutrisi Mengkudu

Fakta Jus Mengkudu yang Bisa Tingkatkan Imunitas TubuhFakta Jus Mengkudu yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: iStock

Buah mengkudu banyak ditemui di Asia, namun tak umum dikonsumsi karena rasanya dianggap tak enak. Mengkudu juga punya aroma menyengat hingga menusuk hidung. Untuk itu buah berwarna hijau ini kerap diabaikan dan berserakan di jalanan.

Walaupun rasa dan aromanya tak enak, tapi mengkudu menyimpan beragam nutrisi baik untuk tubuh. Dilansir dari Health Benefits Times (28/7), dalam 100 gram mengkudu mengandung 95,67 gram air, 15,3 kalori, 0,43 gram protein, 0,1 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, 0,2 gram serat, 1,49 gram gula.

Mengkudu juga memenuhi 37,39% asupan vitamin C harian dan 1,015 mg kalsium. Kandungan vitamin C yang terkandung cukup tinggi dan biasanya berfungsi sebagai zat antioksidan.

2. Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Fakta Jus Mengkudu yang Bisa Tingkatkan Imunitas TubuhFakta Jus Mengkudu yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Foto: iStock

Dalam 100 gram mengkudu mengandung sekitar 37,39% vitamin C yang artinya zat antioksidannya sangat tinggi. Zat antioksidan ini berperan dalam menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

Sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan kita jadi tak gampang sakit. Dilansir dari Health Line (25/3), selain vitamin C ada juga vitamin E, beta karoten, dan iridoid yang berperan sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam sebuah penelitian juga menemukan kalau kamu sering mengonsumsi jus mengkudu bisa mengurangi risiko penyakit kronis. Seperti penyakit jantung dan diabetes.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kuliner Betawi yang Kaya Khasiat: Nasi Goreng Daun Mengkudu"
[Gambas:Video 20detik]