Makanan Lokal Sehat

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya Khasiat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 18 Jan 2019 18:18 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jakarta - Selain sayur besan dan gabus pucung, Betawi punya kuliner khas yaitu nasi goreng daun mengkudu. Penggunaan daun mengkudu membuat nasi goreng ini makin nikmat dan kaya khasiat.

Menyebut kuliner Betawi, belum banyak orang tahu tentang nasi goreng daun mengkudu. Sesuai namanya, nasi goreng ini diracik dengan bahan utama irisan daun mengkudu. Sayangnya menu ini tak sepopuler kuliner Betawi lain seperti sayur besan, gabus pucung atau pun pecak bandeng.

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

Mengetahui hal ini, Ibu Koche Komariah ingin mengangkat kuliner nasi goreng daun mengkudu. Ia rutin memasaknya untuk mengenalkan orang-orang pada kuliner khas Betawi ini. "Saya mau mengangkat daun mengkudu, kan belum banyak orang tahu kalau daun mengkudu itu bisa diolah jadi nasi goreng. Saya ingin memperkenalkan nasi goreng daun mengkudu," kata Ibu Koche pada detikFood (16/1) di rumahnya di kawasan Pakujaya, Serpong Utara.

Wanita yang juga akrab disapa Mpok Koche ini memang menjual nasi goreng daun mengkudu pada teman dan kerabatnya. Diakui Ibu Koche, awalnya mereka ragu makan nasi goreng ini karena daun mengkudu dianggap bau langu dan terasa pahit. "Anak saya juga tadinya nggak suka, cuma dari wanginya dia tertarik. Eh sekarang jadi ketagihan," lanjutnya.

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

Tak seperti resep biasa, nasi goreng daun mengkudu tidak memakai kecap. Bahan utamanya adalah kunyit, kencur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan terasi. Untuk daun mengkudu, Ibu Koche memetiknya langsung dari pohon sendiri. Ia menjelaskan, "Yang kita petik itu daun muda atau pucuk. Setelah itu dicuci, iris-iris kecil, dan siapin bumbu-bumbu lainnya."

Untuk membuatnya, kunyit dan kencur dihaluskan sementara bumbu lain dipotong kasar saja. Wanita ramah ini melanjutkan, "Setelah tumis bumbunya hingga wangi, baru masukkin daun yang sudah diris-iris. Masak sampai daunnya layu. Setelah itu, masukkin nasi. Aduk sampai aroma wanginya keluar."

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

Pemakaian daun mengkudu muda rupanya tak menghadirkan aroma langu. Tak tercecap juga rasa pahit dari daun ini, melainkan hanya rasa daun yang aromatik. "Banyak teman saya yang pesan untuk acara pengajian atau arisan. Alhamdulillah mereka suka. Yang tadinya mau coba aja, jadi ketagihan eh pesan lagi," kata Ibu Koche.

Ia sebenarnya sangat ingin membuka rumah makan yang fokus menawarkan nasi goreng daun mengkudu. Hanya saja, Ibu Koche khawatir tak bisa menjamin ketersediaan daun mengkudu mengingat ia hanya memakai daun dari pohon yang ditanamnya.

Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kuliner Betawi yang Nikmat dan Kaya KhasiatFoto: dok. detikFood

"Pohonnya kan kecil, kadang saya suka kehabisan bahannya aja karena daunnya diambil dari pohon sendiri. Daunnya itu susah. Untungnya sekarang musim hujan, jadi cepat tumbuh pucuknya," cerita Ibu Koche.

Selain enak, Ibu Koche yakin konsumsi daun mengkudu bisa bermanfaat bagi kesehatan. "Manfaat kesehatan daun mengkudu itu untuk hipertensi, kesehatan kulit, dan masih banyak lainnya," pungkas wanita 42 tahun ini.


(adr/odi)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya