Ini Sebabnya Kamu Sering Lapar Saat Malam Hari

Sonia Basoni - detikFood Senin, 27 Jul 2020 19:35 WIB
Lapar Tengah Malam Foto: Getty Images/Kontrec

2. Hormon

Lapar Tengah MalamLapar Tengah Malam Foto: Getty Images/Kontrec

Jika punya pola tidur yang teratur dan jarang begadang namun masih sering terbangun di malam hari karena lapar? Bisa jadi penyebabnya bukan di pola tidur, melainkan hormon di dalam tubuh yang mendorong orang untuk makan.

Ada dua hormon yang dikaitkan dengan rasa lapar seseorang. Yaitu ada hormon leptin dan ghrelin. Leptin sendiri merupakan hormon yang menekan nafsu makan serta membantu tubuh untuk mengurangi berat badan.

Sementara hormon ghrelin justru mendorong orang untuk lebih banyak makan. Tentu saja jika hormon ghrelin dalam tubuh tinggi, nafsu makan pun meningkat sehingga berakibat pada kenaikan berat badan.

Menurut beberapa peneliti, meningkatnya hormon ini bisa juga dikaitkan dengan kurangnya waktu tidur seseorang. Tapi waktu tidur sendiri bukan satu-satunya alasan mengapa hormon ini bisa meningkat.

3. Reaksi Otak Manusia

Lapar Tengah MalamLapar Tengah Malam Foto: Getty Images/Kontrec

Otak manusia punya reaksi yang berbeda terhadap makanan hingga dorongan rasa lapar. Menurut beberapa penelitian yang ada kaitan tersendiri antara reaksi otak dan rasa lapar.

Di dalam tubuh ada sistem yang namanya endocannabinoid, yang merupakan komponen pembangun dalam tubuh manusia. Endocannabinoid berperan penting dalam sistem biologis yang mengatur mulai dari rasa lapar, rasa kantuk, sampai peradangan.

Menurut beberapa penelitian, endocannabinoid berkaitan di dalam reseptor yang sama dengan THC. THC merupakan bahan aktif dalam ganja yang bisa mendorong dan meningkatkan rasa lapar pada manusia. Di mana nafsu makan seseorang akan terus meningkat jika diperparah dengan pola kurang tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3