Hara Hachi Bu, Pola Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur dan Langsing

Devi Setya - detikFood
Kamis, 23 Jul 2020 06:00 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay
Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora

4. Jenis makanan yang disantap

Jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain sayuran, kacang-kacangan dan buah. Penduduk Okinawa menyantap 300 gram sayuran perhari. Mereka makan sayuran segar sebagai salad, menjadikan sayuran sebagai lauk makan serta menyantap sayuran sebagai makanan selingan.

Sayuran ini bisa ditambahkan aneka kacang seperti kedelai atau jenis biji-bijian seperti wijen, biji labu dan biji bunga matahari. Makanan orang Jepang banyak mengandung kedelai dan rami, yang merupakan sumber fitoestrogen yang memperlambat pengeroposan tulang akibat menopause.

Baca juga : Umi Budo, Kaviar Hijau yang Jadi Rahasia Sehat Orang Okinawa

5. Efek diet Hara Hachi Bu

Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat layVegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora


Para lansia di Okinawa telah melakukan serangkaian tes kesehatan. Hasilnya begitu mengagumkan, di usia yang sudah tua, mereka memiliki tubuh yang sehat. Aliran darah pada pembuluh arteri terlihat masih sangat sehat dan lancar, tidak ada sumbatan kolesterol alias bersih tanpa lemak.

Orang-orang tua di Okinawa juga memiliki tingkat kolesterol yang rendah dengan kadar homosistein rendah. Radikal bebas dalam tubuh orang-orang yang menjalani pola makan Hara Hachi Bu ini juga terbilang rendah. Hasil pemeriksaan menunjukkan orang-orang tua ini memiliki 80 persen resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Bentuk badan para lansia ini juga terbilang langsing dan ideal. Tak heran kalau di Okinawa masih banyak lansia yang mendaki bukit, berkebun dan memotong rumput meskipun usianya sudah lebih dari 100 tahun. Orang Okinawa bahkan tak pernah memikirkan pensiun meskipun usia sudah tua.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)