Hara Hachi Bu, Pola Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur dan Langsing

ADVERTISEMENT

Hara Hachi Bu, Pola Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur dan Langsing

Devi Setya - detikFood
Kamis, 23 Jul 2020 06:00 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay
Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora

2. Cara kerja pola diet Hara Hachi Bu


Ruang kosong yang ada di perut membantu memudahkan proses pencampuran makanan dengan asam lambung. Jika perut terlalu penuh maka makanan dan asam lambung tidak akan bisa diproses dengan efisien.

Ketika makanan yang masuk dalam perut sudah sesuai dengan takaran maka, proses penyerapan nutrisi juga akan berjalan dengan baik. Lantas bagaimana menyiasati perut agar tidak mengasup makanan terlalu banyak? Intinya adalah mengontrol porsi makanan. Tetaplah fokus saat sedang makan agar kamu bisa memprediksi seberapa banyak makanan yang harus masuk ke dalam perut.

Makanan yang disantap juga harus dikunyah dengan baik hingga benar-benar lumat dan hancur. Setidaknya dibutuhkan waktu 15-20 menit makan tanpa gangguan aktivitas lain. Hindari makan berlebihan, termasuk untuk makanan favorit kamu sekalipun.

3. Makanan rendah kalori

Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat layVegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora


Pada diet Hara Hachi Bu tidak ada anjuran jenis makanan tertentu yang boleh dimakan. Semua makanan boleh disantap asalkan rendah kalori. Masyarakat Okinawa terkenal punya pola makan sehat sehingga tak heran kalau penduduknya memiliki umur panjang dan hidup yang sehat.

Penduduk Okinawa mengonsumsi sekitar 1.800 hingga 1.900 kilokalori per hari. Indeks massa tubuh tipikal (BMI) orang tua di Okinawa adalah sekitar 18 hingga 22, dibandingkan dengan BMI rata-rata orang dewasa di Amerika yakni sekitar 26 atau 27. Penduduk Okinawa bahkan memiliki angka harapan hidup paling tinggi dengan banyak warga yang berusia lebih dari 100 tahun.



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT