Kimchi Turunkan Angka Kematian COVID-19 di Korsel, Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Jul 2020 10:30 WIB
kimchi Foto: iStock
Jakarta -

Manfaat kimchi sangat banyak termasuk untuk kesehatan pencernaan. Terbaru, kimchi terbukti turunkan angka kematian COVID-19 di Korea Selatan.

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea yang mendunia karena manfaatnya. Makanan olahan fermentasi sayuran ini bahkan disebut superfood yang memiliki sejuta khasiat. Kimchi terkenal bagus untuk melancarkan pencernaan karena kandungan probiotiknya.

Selain itu, kimchi tinggi antioksidan sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi kimchi diracik dengan banyak tambahan bahan lain yang bernutrisi seperti bawang putih, jahe, dan cabai. Rutin makan kimchi juga disebut baik untuk menurunkan berat badan.

Di Korea, kimchi ada banyak jenisnya. Dibuat dari beragam sayuran seperti lobak, cabai, timun, daun bawang, dan sawi putih yang paling terkenal. Bahan-bahan ini difermentasi bersama bumbu gochujang, garam, dan cabai bubuk khas Korea hingga muncul rasa asam pedas yang segar.

Selain rasanya yang enak dan khas, baru-baru ini muncul penelitian yang menyebut kimchi bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan. Pasalnya kimchi dikaitkan dengan penurunan angka kematian karena COVID-19 di Korea Selatan. Hal ini diungkap sekelompok tim peneliti di Prancis. Seperti apa faktanya?

1. Penelitian soal kimchi dan COVID-19

jenis kimchiFoto: iStock

Dikutip dari Next Shark (20/7), tim peneliti di Prancis, dipimpin Dr. Jean Bousquet dari bagian pengobatan paru-paru di Montpellier University mengadakan penelitian soal preferensi diet di negara-negara yang angka kematian COVID-19nya rendah.

Hasilnya, negara-negara dimana diet (pola makan) utamanya berupa kubis fermentasi memiliki tingkat kematian yang rendah akibat virus Corona. Hal ini karena kubis fermentasi dalam makanan bantu mengurangi kadar ACE2, sebuah enzim di paru-paru yang 'dipakai' virus Corona untuk masuk ke dalam tubuh pasien. Dengan kata lain, semakin rendah jumlah ACE2 membuat virus Corona semakin sulit memasuki tubuh pasien.

Salah satu olahan kubis fermentasi yang populer dikonsumsi di suatu negara adalah kimchi di Korea Selatan. Kimchi jadi makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari di sana. Adapun tingkat kematian akibat COVID-19 di Korea Selatan hanya 2,14% dari jumlah orang yang terinfeksi 13.771.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]