Ini 5 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Mar 2019 19:22 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kimchi jadi salah satu makanan khas Korea yang populer. Dibuat dari sawi, apa itu kimchi?

Kimchi merupakan sawi yang diawetkan sehingga memiliki rasa gurih agak asam. Tak hanya disantap dengan nasi hangat, kimchi juga bisa diolah menjadi sup atau nasi goreng.

Secara tradisional, masyarakat Korea membuat kimchi dengan cara mengolah kubis yang diberi garam dan dimasukkan ke dalam gentong tanah liat. Hal ini dilakukan untuk persediaan makanan selama musim dingin karena ketika musim dingin tiba, sayuran tidak tumbuh sama sekali.

Museum Kimchi Pulmuone di Seol mencatat ada sekitar 187 jenis kimchi yang ada di Korea. Salah satu yang terkenal adalah Ggakdugi (kimchi lobak), Oisobaegi (kimchi ketimun) dan Kkaennip (daun perilla yang dicampur rempah).

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kimchi. Mulai dari menjaga berat badan sampai lancarkan pencernaan. Penasaran? Berikut ini beberapa manfaat kimchi untuk tubuh kita.

1. Melancarkan pencernaan

Ini 5 Manfaat Kimchi untuk KesehatanKimchi pedas khas Korea. Foto: iStock

Kimchi dibuat dengan cara fermentasi. Kimchi juga merupakan sumber probiotik antisemitisme yang didapatkan dari proses fermentasi. Pengolahan dengan cara fermentasi selama berhari-hari inilah membuat kimchi punya rasa yang unik dan mengandung bakteri sehat.

Bakteri Lactobacillus dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga usus.Kimchi juga membantu dalam membersihkan usus serta merangsang asimilasi nutrisi agar lebih optimal. Kandungan serat yang hadir di kimchi juga dapat membantu dalam menstabilkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

Baca juga: Biar Tak Gampang Kena Flu, Rutinlah Makan Tempe dan Kimchi

2. Mengandung antioksidan

Ini 5 Manfaat Kimchi untuk KesehatanKimchi dengan paduan sawi. Foto: iStock

Dibuat dengan campuran sawi putih, kimchi juga kaya akan antioksidan seperti fenol dan flavonoid yang hadir di dalamya. Antioksidan ini berfungsi memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif dan melindungi tubuh dari efek berbahaya dari oksigen radikal bebas.

3. Mengatur kolesterol

Ini 5 Manfaat Kimchi untuk KesehatanKimchi ala Korea. Foto: iStock

Banyak orang Korea yang setiap hari mengonsumsi nasi dan lauk dengan tambahan kimchi. Selain dicampur bubuk cabai, kimchi juga diolah dengan tamabahan bawang putih yang tinggi akan allicin dan selenium.

Allicin merupakan komponen yang dikenal dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dengan demikian akan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Sedangkan selenium dapat memberikan efek perlindungan pada dinding arteri sehingga mencegah penumpukan plak. Sebuah studi investigasi telah menganjurkan kimchi yang difermentasi untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.

4. Menjaga berat badan

Ini 5 Manfaat Kimchi untuk KesehatanProses pembuatan kimchi. Foto: Istimewa

Kimchi merupakan sumber bakteri sehat lactobacillus yang memanfaatkan tubuh agar tetap berfungsi optimal. Bakteri baik ini juga membantu dalam penurunan berat badan dengan mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah.

Tingginya kandungan serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menahan godaan makan berlebihan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ini 5 Manfaat Kimchi untuk KesehatanKimchi yang enak disantap dengan nasi. Foto: Istimewa

Kimchi yang tinggi akan serat dan antioksidan ini ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Bahan-bahan seperti jahe, bawang putih dan cabai dikenal dapat memberikan efek peningkatan sistem imun tubuh yang baik.

Semua bahan-bahan tersebut sangat menguntungkan untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat melawan infeksi dan sangat ampuh menyembuhkan gejala pilek serta flu.

Baca juga:Sedang Dikembangkan Kimchi Tanpa Aroma Tajam untuk Pasar Mancanegara (lus/odi)