5 Sayuran Kaya Protein yang Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Odilia WS - detikFood Senin, 20 Jul 2020 08:00 WIB
Fresh organic broccoli in an old metal colander shot on rustic wooden table. This vegetable is considered a healthy salad ingredient. Predominant colors are green and brown. Low key DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Foto: iStock
Jakarta -

Protein nabati juga bisa mencukupi kebutuhan protein harian seperti produk hewani. Ini sayuran kaya protein yang sebaiknya dikonsumi tiap hari.

Dengan berkembangnya gaya hidup sehat banyak orang menjalani pola makan vegan. Mereka hanya mengandalkan asupan nutrisi dari tumbuhan saja. Hampir sebagian besar kebutuhan nutrisi bisa dicukupi dari sumber nabati, termasuk protein.

Selama ini banyak orang tergantung pada asupan protein dari hewan seperti daging, telur dan beragam olahan daging. Protein sendiri berfungsi untuk membangun otot tubuh, menjaga kesehatan otak, tulang, rambut, gigi dan kuku.
Karena itu kebutuhan protein harian harus tercukupi.

Selain itu protein juga perlu untuk menjaga imunitas tubuh. Sumber protein dari sayuran sangat baik. Karena selain memberi asupan protein juga mengandung serat, sejumlah mineral dan vitamin. Konsumsi protein sayuran tak akan memicu kenaikan kolesterol dan berat badan.

Kalau ingin memperbanyak asupan protein dari sayuran, dirangkup dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis sayuran ini bisa dikonsumsi tiap hari.

1. Jagung manis

Sayuran berbentuk biji kuning renyah ini rasanya manis. Enak diolah menjadi beragam masakan. Selain kaya serat biji jagung juga bisa memberikan asupan protein. Tiap 100 gram jagung manis mengandung 3.3 gram protein.

Jagung bisa menjadi andalan untuk mencukupi kebutuhan protein harian, Bisa diolah menjadi campuran salad, dibuat sup, bubur atau ditumis dengan sayuran lain. Bahkan dikukus saja sudah jadi camilan manis yang enak.

2. Bok choy

Bok choy disebut juga sawi sendok karena pangkal batangnya yang berbentuk cekung seperti sendok. Sawi sendok kaya akan air, serat dan juga protein. Rasanya renyah dengan rasa sedikit pahit.

Setiap 100 gram bok choy mengandung 1.5 gram protein. Sayuran hijau ini uga punya khasiat sebagai anti peradangan. Bisa diolah sebagai tumisan, pelengkap mie ayam, atau campuran sup dan salad. Kini juga banyak dijual baby bok choy dalam ukuran mini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]