Sarapan Tinggi Protein Bikin Badan Tetap Langsing

Devi Setya - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 06:00 WIB
Nice young well-built model eting healthy food in kitchen at table. She says no to junk meal. Alone in kitchen. Daylight. Healthy lifestyle Foto: Getty Images/iStockphoto/Estradaanton
Jakarta -

Menyantap menu sarapan memang sangat penting, pilih makanan yang tinggi protein. Selain sehat, makanan tinggi protein juga bisa menjaga tubuh agar tetap langsing.

Cara enak menyantap menu sarapan tanpa khawatir akan kenaikan berat badan yakni dengan makan makanan sumber protein. Dilansir dari Health Line (24/6) sebuah penelitian mengungkap bahwa makan makanan tinggi protein adalah cara paling efektif menurunkan berat badan.

Kandungan protein pada makanan membantu menekan nafsu makan dan mencegah hasrat untuk makan secara berlebihan. Menu makanan seperti telur, tahu dan tempe, smoothies hingga ikan bisa jadi pilihan menu sarapan enak yang kaya kandungan protein.


Berikut tips menyantap makanan berprotein agar badan tetap langsing.

1. Makanan tinggi protein bikin langsing

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableBalanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock


Protein termasuk salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan tubuh. Untuk pola makan sehat dengan tujuan menurunkan berat badan, makanan tinggi protein kerap diandalkan dalam menu diet.

Dalam sistem metabolisme, protein membutuhkan kalori lebih banyak untuk dapat dicerna dengan baik. Inilah yang membuat protein mampu memberi efek kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian pada wanita menunjukkan orang mengasup protein lebih banyak akan membuat orang lebih tahan lapar. Hal ini menjadikan orang lebih sedikit mengasup kalori. Peserta yang ikut dalam penelitian ini juga mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibanding orang yang tak mengasup banyak makanan berprotein.

Baca juga : Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan Murah

2. Makanan tinggi protein menekan nafsu makan

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableBalanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock


Sarapan dengan menu makanan tinggi protein juga membantu menekan nafsu makan. Protein dalam tubuh membuat perut merasa kenyang lebih lama. Konsumsi makanan tinggi protein membuat orang setidaknya bisa mengurangi asupan 135 kalori lebih sedikit.

Penurunan nafsu makan ini membuat tubuh lebih cepat menurunkan bobot berlebih. Lemak di perut juga perlahan mulai luntur jika asupan makanannya dikurangi.

Penelitian yang dilakukan di China membandingkan sistem metabolisme antara remaja yang biasa sarapan sereal biji-bijian dan remaja yang makan olahan telur. Hasilnya menunjukkan remaja yang sarapan telur lebih cepat mengalami penurunan berat badan dalam waktu 3 bulan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tinggi Protein, Begini Cara Mengolah Ikan Nila!"
[Gambas:Video 20detik]