Pola Makan Sehat dan Murah

Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan Murah

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 12 Jun 2019 12:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Protein berperan penting dalam pembentukan sel tubuh. Bisa dibeli dengan harga terjangkau dan enak diolah jadi lauk pauk.

Daging sapi serta ayam memang dikenal sebagai makanan tinggi protein. Namun keduanya memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun begitu Anda jangan khawatir, ada banyak alternatif sumber protein hewani dan nabati yang bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Telur

Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan MurahFoto: iStock

Telur merupakan makanan lengkap protein. Setiap butir mengandung 6 gram protein per sajian. Protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh baru, regenerasi sel. Telur membantu anak tumbuh besar dan kuat. Pastikan memberi anak 1 butir telur tiap hari.

Selain itu, telur juga mengandung omega 3 dan vitamin D. Omega 3 merupakan lemak sehat yang umumnya terdapat dalam ikan. Zat ini diperlukan untuk perkembangan awal otak dan memori kognitif.

Sedangkan vitamin D penting untuk kesehatan tulang. Telur satu-satunya makanan yang mengandung vitamin D.

2. Ikan

Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan MurahFoto: iStock

Kekurangan protein bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan, penurunan metabolisme, gangguan produksi enzim hingga menghambat regenerasi sel tubuh. Ikan jadi sumber protein hewani yang sangat menyehatkan dan rendah lemak.

Ikan menjadi salah satu bahan makanan tinggi protein yang sangat baik dikonsumsi anak ataupun orang dewasa. Kandungan protein serta omega 3-nya dapat membantu mencegah berbagai penyakit di kemudian hari.

Ini dikarenakan, protein yang terkandung dalam ikan mudah dicerna sehingga dapat mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Sebelum Beli Ikan, Kenali 5 Tanda Penting Ikan Segar Ini

3. Tahu

Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan MurahFoto: iStock

Tahu yang lembut enak dinikmati dalam keadaan hangat. Tahu yang dibuat dari kacang kedelai ini mengandung protein nabati yang cukup baik. Dalam 100 gram tahu mengandung kalori 80 Kkal dan 10,9 gram protein.

Anda bisa memilih tahu putih dan juga tahu kuning. Tahu enak disantap dengan nasi hangat.

4. Tempe

Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan MurahFoto: iStock

Dalam 100 gram tempe mengandung 150 Kkal dan 14 gram protein. Tempe juga mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Tempe memiliki tekstur yang agak padat. Tempe enak diolah dengan cara digoreng atau dicampur dengan sayur santan.

5. Kacang-kacangan

Ini 5 Makanan Sumber Protein yang Enak dan MurahFoto: iStock

Kacang-kacangan seperti edamame, kacang panjang, kacang tanah, kacang hijau serta kacang kedelai mengandung protein nabati.

Kacang almond, walnuts, kacang mete, pistachio, pecan dan kacang tanah menjadi camilan yang enak.

Kalori kacang bervariasi besarnya sesuai dengan jumlah kacang di setiap porsi. Misalnya, satu porsi kacang walnut hanya cukup konsumsi tujuh buah karena mereka tinggi lemak yaitu 185 kalori dan 18 gram lemak. Dibandingkan dengan 49 pistachio yang didalamnya ada sekitar satu ounce atau sekitar 28 gram per porsi.

Baca juga: Biar Tak Gampang Kena Flu, Rutinlah Makan Tempe dan Kimchi (lus/odi)