Nasi Goreng Mantul

Nasi Goreng Bikin Gendut? Ini 5 Fakta Nutrisinya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 07:00 WIB
Fakta kesehatan nasi goreng Fakta kesehatan nasi goreng Foto: iStock
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul

4. Dampak Terlalu Banyak Makan Nasi Goreng

Fakta kesehatan nasi gorengFakta kesehatan nasi goreng Foto: iStock

Seperti yang telah disebutkan bahwa nasi goreng mengandung kalori dalam jumlah yang tinggi. Karenanya jika mengonsumsi nasi goreng terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan atau peningkatan berat badan.

Selain itu, dr Titi Sekarindah juga menyebut makan nasi goreng terlalu banyak bisa mengakibatkan risiko penyakit jantung hingga kanker. Hal tersebut bukan berarti nasi goreng tidak boleh dimakan.

Nasi goreng tetap boleh dimakan, asalkan dalam porsi secukupnya atau tidak berlebih. Tak hanya itu, agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan, memasak nasi goreng juga harus dilakukan dengan benar. Seperti pemilihan bahan-bahan yang tepat misalnya.

5 Tips Sehat Masak Nasi Goreng

Nasi Goreng Gerobak EnakNasi Goreng Gerobak Enak Foto: dok. detikFood/Instagram

Makan nasi goreng bisa tetap sehat asalnya memperhatikan beberapa tips memasaknya. Pertama, hindari mencampurkan seafood seperti udang, cumi atau telur sebagai pelengkap nasi goreng. Campuran bahan-bahan tersebut hanya akan menambah jumlah kalori.

Untuk menggantikannya kamu bisa mencampurkan berbagai jenis sayuran, seperti sawi, kacang polong, wortel atau kol. Selain itu, jumlah kalori jika disebabkan karena penggunaan minyak. Karenanya kamu perlu mengganti minyak yang lebih sehat untuk memasak nasi goreng.

Untuk menggantikan minyak biasa, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola. Kedua jenis minyak tersebut dapat berperan untuk menurunkan kalori jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Baca Juga : Saran Dokter Gizi Agar Nasi Goreng Tak Bikin Kolesterol Melonjak

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/odi)
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul
FOKUS BERITA Nasi Goreng Mantul