Lapar Saat Bangun Tidur? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 06:00 WIB
Alasan lapar saat bangun tidur Foto: Getty Images/vgajic

3. Kurang tidur
Alasan lapar saat bangun tidur selanjutnya adalah karena kamu kurang tidur. Waktu tidur yang sedikit berkaitan dengan kontrol gula darah yang buruk.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan jumlah hormon ghrelin yang lebih tinggi. Berupa hormon yang bertanggung jawab menghasilkan rasa lapar. Usahakan selalu tidur 6-8 jam di malam hari.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Lapar, Konsumsi 8 Makanan Enak Ini

4. PMS

Alasan lapar saat bangun tidurAlasan lapar saat bangun tidur Foto: Getty Images/vgajic

Premenstrual Syndrome (PMS) dialami banyak wanita jelang menstruasi. PMS mempengaruhi kesehatan fisik dan perilaku wanita, tepat sebelum menstruasi terjadi. Hal ini diyakini karena perubahan hormon.

Gejala umum PMS adalah keinginan makan makanan manis, biasanya disertai rasa kembung, pusing, dan sulit tidur. Jadi kalau kamu merasa sangat lapar di malam hari dan di pagi hari usai bangun tidur, PMS bisa jadi salah satu penyebabnya.

5. Haus
Siapa sangka rasa haus juga bisa jadi penyebab lapar saat bangun tidur. Ini karena haus sering kali disalah artikan sebagai lapar. Pasalnya dehidrasi menyebabkan lesu yang sering kali membuat kamu berpikir kalau itu lapar.

Jadi, jika kamu lapar saat bangun tidur, coba minum segelas besar air putih dan tunggu beberapa menit untuk melihat apakah rasa lapar itu teratasi. Penting untuk memastikan kamu selalu terhidrasi sepanjang hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mogoyo Suguhkan Rasa Autentik Korean Street Food"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com