Lapar Saat Bangun Tidur? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 06:00 WIB
Alasan lapar saat bangun tidur Foto: Getty Images/vgajic
Jakarta -

Pernahkah kamu merasa lapar saat bangun tidur? Kondisi ini bisa dipicu banyak hal seperti kurang tidur hingga terlalu banyak makan malam.

Lapar sejatinya sinyal alami tubuh yang menandakan kita butuh mengasup makanan. Umumnya orang merasa lapar di pagi atau sore hari sehingga mendorong mereka untuk sarapan dan makan malam sebelum terlalu larut.

Namun beberapa orang justru merasa lapar di waktu-waktu tak umum seperti ketika larut malam atau sesaat setelah bangun tidur. Hal ini tidak bisa disepelekan karena berarti tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Ada beberapa pemicu utama kamu lapar saat bangun tidur. Hal ini kebanyakan berkaitan dengan pola hidup. detikFood merangkum alasan lapar saat bangun tidur seperti berikut:

1. Kebanyakan makan sebelum tidur
Dikutip dari Healthline (17/7), terlalu banyak makan malam apalagi 1 sampai 2 jam menjelang tidur jadi alasan lapar saat kamu bangun keesokan harinya. Apalagi kalau makanan yang disantap tergolong yang tak sehat seperti fast food.

Mengonsumsi makanan, terutama yang tinggi karbohidrat dan gula, tepat sebelum tidur bisa memicu lonjakan gula darah. Pankreas akan menghasilkan hormon insulin yang memberi tahu sel tubuh untuk menyerap gula darah. Hal ini membuat kadar gula darah jadi drop, hingga berakhir membuat lapar.

Para pakar merekomendasikan hanya makan camilan rendah kalori kalau kamu lapar sebelum tidur. Usahakan jumlahnya tak lebih dari 200 kalori. Camilan ini bisa memuaskan rasa lapar sekaligus meningkatkan metabolisme di pagi hari.

2. Stress

Alasan lapar saat bangun tidurAlasan lapar saat bangun tidur Foto: Getty Images/vgajic

Stress membawa banyak dampak buruk untuk tubuh. Salah satunya menyebabkan ngidam makanan. Ketika level stress semakin meningkat, tubuh memproduksi beberapa hormon termasuk cortisol.

Stress juga memicu respons "flight-or-fight" yang menyebabkan gula terlepas ke aliran darah untuk menghasilkan energi cepat. Pada akhirnya stress menyebabkan rasa lapar menyerang di pagi hari, ketika kamu bangun tidur.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan manajemen stress. Yoga, meditasi, dan latihan napas bisa jadi salah satu solusinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nasi Lemak hingga Kwetiau Sirem yang Sedap Mantap"
[Gambas:Video 20detik]