Ini Tips Cuci Botol Minum Agar Tak Jadi Sarang Bakteri

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 14:04 WIB
Tips Bersihkan Botol Minum Foto: iStock
Jakarta -

Botol minum perlu dicuci rutin agar tak menjadi sarang bakteri yang membahayakan kesehatan. Yuk, intip tips membersihkannya!

Botol minum plastik yang bisa dipakai berkali-kali kini jadi pilihan banyak orang karena lebih ramah lingkungan. Tapi jenis botol yang dipakai tak boleh sembarangan, pilihlah yang ada label food grade untuk menjamin kualitasnya.

Sering kali botol ini digunakan terus-menerus, bahkan tidak dicuci berminggu-minggu. Padahal kebersihan botol plastik harus dijaga. Dilansir dari Delish (10/7), ada tips penting mencuci botol minum agar tak menjadi sarang bakteri yang membahayakan kesehatan.

Three pregnant girls posing in the park with sports bottles in their hands. They are smilingTips Bersihkan Botol Minum Foto: iStock

Baca Juga: Bersihkan Alat Dapur Jadi Mudah dengan 5 Bahan Makanan Ini

Janilyn Hutching selaku Food Safety Professional mengatakan, "Botol minum yang dapat digunakan kembali haruslah dibersihkan dan disanitasi secara rutin untuk membunuh semua patogen yang mungkin tumbuh."

Sebuah penelitian dari Canadian Journal of Public Health pada tahun 2002 mengungkap hal senada dimana patogen atau bakteri ternyata dapat tumbuh di botol minum.

Untuk mencuci botol minum hingga bersih ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Botol minum bisa dibersihkan menggunakan sabun pencuci piring biasa. Bisa juga direndam di dalam air hangat yang telah dicampurkan sabun, lalu bilas dengan air mengalir.

Selain menggunakan sabun pencuci piring, kamu juga bisa mencucinya dengan racikan air dan soda kue, apalagi jika botol memiliki aroma tak sedap. Masukkan racikan tersebut ke dalam botol minum lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Tips Bersihkan Botol MinumTips Bersihkan Botol Minum Foto: iStock

Hutching juga menyarankan untuk membiarkan botol minum di rak wastafel pencuci piring samping benar-benar kering baru diisi dengan air minum. Bisa juga disimpan dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Jika sudah mengetahui cara mencuci botol minum yang benar, Hutching juga menyarankan untuk membersihkan botol minum setiap hari walaupun botol minum terlihat bersih. Kuncinya jangan tertipu dengan tampilan botol karena meski sepertinya bersih, sangat mungkin bakteri bersarang.

Hal lain yang juga bisa jadi indikator kapan harus cuci botol minum adalah permukaan yang berlendir atau licin. Perhatikan juga aromanya. Kalau sudah ada bau-bau tak wajar, segera cuci botol minum.

Baca Juga: Supaya Tak Malas, Ini 5 Tips Bersihkan Alat Dapur Setelah Masak



Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)