Unik! Minuman Probiotik Terbaru Berbahan Bir dan Durian

Riska Fitria - detikFood Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
- Minuman probiotik berbahan bir dan durian Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Seorang Instruktur Teknologi Makanan dan Sains asal Filipina menciptakan minuman probiotik terbaru berbahan bir dan durian. Begini prosesnya.

Bir maupun durian merupakan minuman dan makanan yang bisa jadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih. Namun, keduanya telah diubah menjadi minuman probiotik yang diklaim dapat menyehatkan tubuh.

Minuman probiotik berbahan bir dan durian tersebut diciptakan oleh seorang Instruktur Teknologi Makanan dan Sains asal Davao, Filipina bernama Kriza Columba. Ada alasan tertentu yang membuat Columba terpikirkan untuk membuat ciptaan minuman probiotik berbahan bir dan durian.

Aroma durianDurian Foto: iStock

Baca Juga : Peneliti Beberkan Fakta Ilmiah Dibalik Bau Menyengat Durian

Menurutnya, selama ini minuman probiotik selalu dibuat dari bahan yang berbasis susu. Oleh karena itu, wanita yang bekerja di Universitas Filipina-Mindanao ini memilih minuman bir dan durian sebagai bahan utamanya.

"Jadi saya pikir, mengapa tidak minuman bir yang dijadikan sebagai minuman probiotik? Ini bisa menjadi cara lain bagi mereka yang tubuhnya tidak toleran pada laktosa. Ini juga bisa jadi pilihan lain yang lebih sehat bagi mereka yang ingin menikmati bir," tutur Columba.

Dilansir dari SCMP (04/07) awalnya Columba meneliti kemungkinan bir probiotik untuk tesis yang dikerjakan saat menyelesaikan program pascasarjana dalam Ilmu Pangan di Louisiana State University (LSU), Amerika 2017 lalu.

Minuman probiotik berbahan bir dan durianMinuman probiotik berbahan bir dan durian Foto: Handout

Sebelumnya, bagian Departemen Ilmu Pangan di LSU telah meneliti produk yang dapat mendukung manfaat probiotik untuk pengobatan dan pencegahan masalah usus serta infeksi kulit. Namun, kemungkinan menggunakan minuman beralkohol untuk minuman probiotik belum terpikirkan, karena bir mengandung etanol yang dapat membunuh bakteri.

Kemudian Columba teringat bahwa di Davao dikenal dengan produksi buah durian yang melimpah. Dari itulah yang terpikirkan untuk mencampurkan bir dengan buah durian untuk mendukung mikroorganisme laktobasilus probiotik.

"Saya belajar bahwa kulit durian memiliki khasiat yang membantu melestarikan bakteri bahkan ketika dicampur alkohol sekalipun," tutur Columba.

Columba dengan dibantu oleh para peneliti lain telah melakukan percobaan selama satu tahun hingga tesisnya selesai. Di mulai dari tahun 2017, ia mempelajari bir yang diinfus probiotik. Para peneliti dari National University of Singapore juga mengembangkan teknik ini untuk mengawetkan bakteri dalam bir.

Minuman probiotik berbahan bir dan durianMinuman probiotik berbahan bir dan durian Foto: Handout

Columba berharap setelah studinya diterbitkan akan membawa kemungkinan bir probiotik selangkah lebih dekat dengan kenyataan, meskipun memproduksinya dalam skala komersial akan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

"Jenis bakteri yang saya gunakan untuk tesis saya berasal dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Jadi jika saya menghasilkan bir yang diinfus probiotik di Filipina itu akan mahal," ujar Columba.

Karenanya ia ingin mempelajari untuk membuatnya dengan bahan-bahan lokal terlebih dahulu. Sementara itu, Columba telah mengajukan permohonan pendanaan dari Universitas Filipina-Mindanao.

Baca Juga : Unik! Durian Gundul Berhasil Dipetik Setelah Eksperimen 12 Tahun



Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)