5 Tips Kesehatan Terburuk yang Ada di Internet Diungkap Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 12:30 WIB
Infused water Foto: iStock
Jakarta -

Tips kesehatan yang beredar di internet tak selalu benar. Beberapa ada yang keliru hingga disebut sebagai tips kesehatan terburuk oleh ahli gizi.

Tak bisa dipungkiri perkembangan internet membuat informasi apapun kini mudah ditemukan. Termasuk beragam tips kesehatan yang kerap dicari seseorang berdasarkan masalah kesehatan yang tengah dialaminya.

Tapi faktanya tak semua tips kesehatan yang beredar di internet itu benar atau efektif. Tips yang baik seharusnya berasal dari keterangan ahli gizi atau bersumber penelitian. Ahli gizi asal Sydney sekaligus peneliti The Nude Nutritionist, Lyndi Cohen menyoroti hal ini.

Kepada Daily Mail (2/7) ia mengungkap tips kesehatan apa yang saja yang tidak tepat. Salah satunya anggapan karbohidrat dan buah bikin gemuk serta detoks diperlukan seseorang untuk 'mengatur ulang' sistem tubuh mereka.

Berikut 5 tips kesehatan terburuk yang ada di internet menurut ahli gizi Lyndi Cohen:

1. Jangan makan karbohidrat dan buah kalau tidak mau gemuk

healthy beautiful attractive long black hair woman happiness smile hand hold red apple with foreground of fruit bowl white room interior backgroundFoto: iStock

Beberapa orang meyakini tidak boleh makan karbohidrat dan buah supaya tidak gemuk, namun tips kesehatan ini keliru. Cohen menyebut dua bahan makanan ini justru sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan yang optimal.

"Alih-alih menyingkirkan karbohidrat, buang tips kesehatan terburuk dari pola makan Anda dan Anda akan jauh lebih sehat," katanya. Pilih sumber karbohidrat dan buah yang kaya serat dan tak tinggi gula, misalnya bijian utuh, kacang-kacangan, dan buah sebagai camilan.

Berbagai jenis buah, menurut Cohen, perlu dikonsumsi sehari-hari untuk mendapat banyak asupan vitamin dan mineral. Ia tidak menganjurkan pengecualian terhadap satu atau beberapa jenis buah. Cohen mengatakan buah adalah camilan ideal saat kamu ngidam makanan manis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3