Pola Makan Sehat dan Murah

Diklaim Bisa Detoks Tubuh, Benarkah Infused Water Berkhasiat?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Jun 2019 06:26 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Infused water bukan tren kesehatan baru, namun banyak orang masih memilih meminumnya untuk detoks hingga turunkan berat badan. Benarkah infused water berkhasiat?

Populer sejak 2016, infused water masih digemari hingga kini. Minuman ini diracik dari air putih dengan campuran potongan buah dan herbal. Infused water diklaim memiliki beragam manfaat kesehatan seperti menyingkirkan racun tubuh (detoks) dan menurunkan berat badan.

Diklaim Bisa Detoks Tubuh, Benarkah Infused Water Berkhasiat?Foto: iStock

Dihubungi detikFood (11/6), Dr Tan Shot Yen menjelaskan soal kaitan infused water dengan detoks tubuh. Dokter yang mengambil pendidikan S3 Gizi Komunitas ini mengatakan, "Istilah detoks tidak pernah ada di dunia medis. Tubuh manusia sudah dikaruniai 5 organ untuk 'membersihkan tubuh,'" tuturnya.

Ia menyebut paru-paru, ginjal, kulit, usus besar, dan hati memiliki fungsi detoks masing-masing. Dengan kata lain, tubuh manusia sebenarnya tak membutuhkan asupan makanan atau minuman tertentu untuk menyingkirkan racun-racun dalam tubuh.

Baca Juga: Nur Asia Ungkap Cara Bikin Air Lemon yang Selalu Dibawa Sandiaga Uno

Diklaim Bisa Detoks Tubuh, Benarkah Infused Water Berkhasiat?Foto: iStock

Adapun infused water hanya menjadi alternatif menyenangkan dari minum air putih. "Soal minum air jadi banyak karena ada rasa-rasanya, ya boleh-boleh saja," lanjut Dr Tan. Hanya saja ia menegaskan infused water hanya air saja.

Terkait minum infused water untuk turunkan berat badan, Dr Tan mengatakan, "Bikin kenyang atau kembung karena minum banyak tapi jadi nggak bisa makan, wah namanya bukan turun berat badan tapi malnutrisi." Menurutnya salah kaprah jika seseorang hanya andalkan minum infused water untuk turunkan berat badan.

Diklaim Bisa Detoks Tubuh, Benarkah Infused Water Berkhasiat?Foto: iStock

Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes juga memiliki pendapat yang sama soal infused water. "Infused water komposisi gizinya telah kita pastikan hanya air putih. Nggak ada komposisi gizi lainnya. Yang membedakan infused water dengan air putih biasa adalah ada rasa baru dan aroma baru. Memberikan sensasi minum lebih baik," tuturnya pada detikFood (11/6).

Ketua umum Indonesia Sport Nutritionist Association ini mengatakan sah-sah saja meminum infused water guna mengasup air pir putih dengan cara lebih enak. "Sebaiknya malam hari disiapkan, besok pagi sudah habis. Tidak usah berlama-lama karena efek dari buah, khawatirnya buahnya mengalami kerusakan sehingga mencemari air itu," pungkas Dr Rita.

Baca Juga: Infused Water Jadi Lebih Segar dan Enak dengan Trik Ini


Simak Juga 'Membuat Green smoothies & Infused Water Segar Yuk!':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)