10 Bahan Makanan yang Wajib Ada di Dapur Menurut Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Jun 2020 06:00 WIB
masak di dapur Foto: iStock

4. Minyak zaitun dan canola
Jika terbiasa menggunakan minyak sayur biasa, tak ada salahnya mulai beralih ke minyak zaitun dan canola yang lebih sehat. Minyak canola memiliki titik asap lebih tinggi sehingga cocok untuk buat masakan Asia.

Sementara minyak zaitun bisa dipakai mentah alias tidak dimasak. Misalnya sebagai dressing salad atau bahkan celupan roti. Minyak zaitun punya keunggulan karena mengandung lemak sehat dan antioksidan.

5. Oat

Healthy breakfast Organic oat flakes in a wooden bowl Grey textile background Top view Copy spaceOat Foto: iStock

Oat adalah pilihan sarapan praktis nan menyehatkan. Menyiapkan oat hanya 2 menit dengan cara dicampur susu atau air. Jangan lupa menambahkan buah segar dan kacang-kacangan untuk menambah nutrisinya.

Oat menjadi sumber serat yang mampu sehatkan pencernaan. Oat menjadi alternatif sehat dari sereal manis yang tinggi gula. Selain dimakan sebagai sereal. oat juga bisa dijadikan bubur dengan paduan daging cincang, wortel, sampai telur.

6. Selai kacang
Siapa sangka selai kacang juga termasuk bahan makanan yang wajib ada di dapur menurut ahli gizi. Selai kacang adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat mengurangi kolesterol jahat dan mempertahankan kesehatan pembuluh darah.

Selain itu, selai kacang tinggi kandungan serat dan protein. Kedua nutrisi ini bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Pilihlah selai kacang natural, jangan yang proses, apalagi jika sudah ditambah gula.

7. Beras

brown ricebrown rice Foto: iStock

Sebagai sumber karbohidrat utama orang Indonesia, beras harus selalu ada di dapur. Beras baik untuk memasok energi. Selain dijadikan nasi putih biasa, bisa dibuat nasi goreng gaya China atau bahkan Meksiko.

Kalau mau lebih sehat, Anda bisa mengganti beras putih dengan beras cokelat atau beras basmati. Keduanya mampu mengontrol gula darah dengan lebih baik.

Baca Juga: 10 Bumbu Dapur Yang Wajib Kamu Stok di Rumah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com