10 Bumbu Dapur Yang Wajib Kamu Stok di Rumah

Rizky Wika Shintya Devi - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 10:00 WIB
Bumbu dapur di pasar. Foto: Pradita Utama Bumbu dapur di pasar. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Rasa masakan lebih lezat dan enak ketika dimasak dengan campuran bumbu dapur. Bagi pemula, tentu harus tahu apa saja sih bumbu dapur yang sering digunakan saat memasak?

Bumbu dapur alias rempah tidak hanya menambah nilai plus rasa makanan. Akan tetapi bumbu dapur juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Nah sebelum memasak, Ayo kenali 10 macam bumbu dapur kering yang wajib digunakan dalam tiap masakan yang dilansir detikFood dari berbagai sumber.

1. Cabai

Bumbu dapur: cabai.Bumbu dapur: cabai. Foto: iStock

Untuk penyuka makanan pedas, bumbu satu ini tidak boleh terlewatkan dan sebagian masyarakat Indonesia menyukai cita rasa pedas dalam makanan mereka. Cabai yang dipadu bersama dengan makanan dapat menambah selera makan seseorang. Hal inilah menjadikan cabai sebagai bumbu dapur yang penting untuk disimpan di rumah kamu.

Bumbu dapur yang punya rasa pedas ini bisa disimpan dalam lemari es supaya tahan lama.

2. Bawang Putih

Bumbu dapur: bawang putih.Bumbu dapur: bawang putih. Foto: Zulkipli Natsir

Bumbu masak dasar ini sering dicampurkan ke dalam masakan Indonesia karena mampu menciptakan rasa gurih dalam tiap masakan baik makanan yang ditumis, goreng maupun berkuah.

Bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu turunkan tekanan darah dan kolesterol.

3. Bawang Merah

Bumbu dapur: bawang merah dan bawang putih.Bumbu dapur: bawang merah dan bawang putih. Foto: iStock

Selain bawang putih, bawang merah juga harus diikutsertakan dalam daftar bumbu dapur yang wajib ada di dalam rumah. Bawang merah memiliki peran penting dalam menguatkan aroma pada tiap masakan. Dalam pengolahannya bawang merah bisa dihaluskan atau dipotong tipis untuk digoreng kering.

Bawang goreng yang sudah diiris dan digoreng hingga matang dan garing bisa digunakan sebagai pelengkap makanan seperti soto mie, bakso hingga sup.

4. Garam

Bumbu dapur/: bawang putih.Bumbu dapur: bawang putih. Foto: Istimewa

Seperti bagian lirik lagu 'Bagai sayur tanpa garam, kurang enak kurang sedap'. Begitulah gambaran yang diungkapkan jika tak ada bumbu dapur yang satu ini. Garam memberi rasa asin dan gurih pada setiap masakan yang disajikan.

Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, garam yang mengandung sodium dapat membantu mengatur proses keseimbangan cairan di dalam tubuh, transmisi darah dan kerja otot.

5. Lada

Bumbu dapur: lada.Bumbu dapur: lada. Foto: Istimewa

Bumbu dapur ini memiliki dua varian, yaitu lada hitam dan lada putih. Kedua varian tersebut sama -sama memberi sensasi pedas dan aroma yang harum pada setiap masakan.

Lada juga dikenal dengan nama merica. Bumbu dapur ini juga tersedia dalam bentuk bumbu dapur bubuk yang digunakan untuk pelengkap makanan.

6. Kemiri

Bumbu dapur: kemiri.Bumbu dapur: kemiri. Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Beberapa masakan berkuah, seperti soto dan rawon yang menggunakan kemiri memiliki kuah makanan yang lebih kental sehingga memberikan rasa masakan yang bercita rasa kuat.

Selain itu, kemiri memiliki manfaat untuk perawatan tubuh. Contohnya pemakaian minyak kemiri untuk menghitamkan dan melebatkan helai rambut.


7. Serai

Bumbu dapur: serai.Bumbu dapur: serai. Foto: iStock

Selanjutnya, bumbu dapur yang berbentuk seperti rumput ilalang, yaitu serai. Serai sering digunakan dengan diiris atau dimemarkan bagian bonggolnya untuk mendapatkan aroma harum dalam masakan.

Selain digunakan dalam makanan, serai juga kerap dicampurkan ke dalam minuman tradisional seperti wedang dan teh serai. Khasiatnya tidak diragukan lagi untuk membantu meluruhkan batu gindal dan menurukan kadar gula dalam darah.

Kamu juga bisa menggunakan serai untuk mengusir nyamuk karena aromanya yang khas yang tidak disukai nyamuk.

8. Kunyit

Bumbu dapur: kunyit.Bumbu dapur: kunyit. Foto: iStock

Bumbu dapur yang mencolok warnanya ini biasa digunakan untuk dijadikan minuman tradional, seperti jamu. Kunyit yang dipadukan dengan buah asem sendiri menghasilkan jamu kunyit asem.

Tak hanya itu, kunyit bisa dijadikan pewarna alami yang berkhasiat tinggi untuk obat saluran pencernaan.

9. Lengkuas

Bumbu dapur yang wajib di dapur.Bumbu dapur yang wajib di dapur. Foto: Ari Saputra

Di beberapa daerah Indonesia, bumbu dapur lengkuas juga dikenal dengan nama laos. Dilihat sekilas, bumbu dapur ini hampir memiliki bentuk yang sama dengan jahe.

Perbedaannya terlihat pada tekstur kulit yang lebih kasar dan aromanya tidak terlalu kuat. Lengkuas juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk menghambat sel tumor karena kandungan anti bakteri yang dimilikinya.

10. Jahe

Bumbu dapur: jahe.Bumbu dapur: jahe. Foto: iStock

Bumbu dapur terakhir yang penting untuk kamu miliki di dapur ialah jahe. Jahe mempunyai bentuk seperti ruas jari manusia, aroma yang tercium dari jahe juga terasa sedikit pedas. Bagian dalam jahe mempunyai warna kekuningan.

Selain dicampurkan ke dalam olahan masakan untuk menghilangkan bau amis dalam olahan jenis ikan, jahe bisa dijadikan beberapa macam minuman penghangat badan, seperti wedang jahe dan susu jahe merah.


Mudahkan mengenali beragam jenis bumbu dapur ini?





Simak Video "Segarnya Sop Buah Conto dari Olahan Cincau Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)