7 Makanan Penurun Gula Darah Supaya Terhindar dari Virus Corona

Rosmha Widiyani - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 14:00 WIB
Corona virus: vial with pipette in laboratory Foto: Getty Images/iStockphoto/Bill Oxford/7 Makanan Penurun Gula Darah Supaya Terhindar dari Virus Corona
Jakarta -

Diabetes ternyata meningkatkan risiko keparahan jika seseorang sampai terinfeksi virus corona. Dikutip dari situs America Diabetes association, peluang orang dengan diabetes mengalami COVID-19 sebetulnya sama dengan yang tidak mengalami gangguan kadar gula darah.

Namun, orang dengan diabetes biasanya mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga risiko terjadinya komplikasi dan kematian lebih tinggi. Karena itu orang dengan diabetes harus mampu mengendalikan kadar gula dalam darah, untuk menurunkan risiko keparahan akibat virus corona.

"Diabetes adalah saat kadar gula darah atau glukosa lebih tinggi daripada normal. Peningkatan dapat disebabkan makanan yang mengandung karbohidrat misal roti, sereal, nasi, pasta buah, susu, dan makanan penutup (dessert)," kata dietitian Maggie Powers, PhD, dikutip dari Web MD.

Untuk orang yang tidak mengalami diabetes, pengendalian gula darah juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pola hidup sehat akan merupakan upaya pencegahan yang efektif menghadapi virus corona.

Berikut 7 makanan penurun gula darah supaya terhindar dari virus corona:

1. Sayuran yang dimakan mentah, dimasak, atau dipanggang

Berbagai jenis sayuran yang rendah karbohidrat bisa dimasak sebentar untuk menambah tekstur, rasa, dan warna sebelum dimakan. Sayuran juga bisa dipanggang tambahan rosemary atau bawang putih supaya lebih kaya rasa. Alternatif lain adalah dimakan dengan tambahan dressings rendah lemak, saus salsa, guacamole, atau hummus.

2. Sayuran hijau

Kale, bayam, dan chard bisa menjadi alternatif sayuran dalam salad yang sehat, enak, dan rendah karbohidrat. Kale bisa dipanggang dengan minyak zaitun dalam oven untuk menghasilkan sensasi renyah. Aneka sayuran hijau juga bisa dicampur dengan yang dipanggang untuk menambah tekstur dan rasa, atau dihidangkan bersama sedikit protein misal potongan salmon.

3. Infused water

Makanan penurun gula darah supaya terhindar dari virus corona berikutnya bisa dikonsumsi dalam bentuk infused water. Berbagai jenis sayuran dan buah yang direndam dalam air putih dan dikonsumsi bareng bisa menimbulkan sensasi segar. Menurut Powers, buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi ajab membantu mengendalikan rasa lapar dan peningkatan gula darah.

4. Melon atau buah berry

Sebanyak 250 gram melon atau buah berry ternyata mengandung sangat sedikit karbohidrat, sehingga cocok untuk camilan sehat setiap hari. Supaya tidak bosan, makanan penurun gula darah ini bisa dikonsumsi bersama yogurt.

"Melon dan berry adalah paket sehat yang penuh serat dan nutrisi, dengan rasa yang manis," ujar Powers.

5. Makanan tinggi serat

Makanan penurun gula darah supaya terhindar dari virus corona berikutnya adalah yang tinggi serat. Kandungan serat membantu mengendalikan rasa lapar sehingga tidak lapar mata saat memilih makanan. Lebih selektif saat makan membantu pengendalian gula darah sehingga tidak naik seketika, yang bisa berdampak buruk pada pasien diabetes.

6. Makanan rendah lemak

Sebelum makan, sangat disarankan memilih yang mengandung lemak baik misal ikan. minyak zaitun, atau alpukat. Bagi penyuka makanan yang digoreng sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak minyak saat mengolah makanan. Minyak digunakan secukupnya saat memasak makanan sehingga tetap sehat dan enak.

7. Makanan dengan protein

Powers merekomendasikan Greek yogurt, cottage cheese, telur dan daging rendah lemak sebagai sumber protein. Selain efektif menurunkan gula darah dan mengendalikannya, kandungan makanan bisa mencegah terjadinya infeksi serta komplikasi virus corona. Tentunya makanan harus diolah dengan cara yang tepat supaya tidak membosankan.



Simak Video "Nasi Lemak hingga Kwetiau Sirem yang Sedap Mantap"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)