Makan Enak di Era Baru

Restoran Ini Sediakan Tabung Balon Transparan untuk Cegah COVID-19

Riska Fitria - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 12:00 WIB
Restoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparan Restoran di Turki sediakan tabung balon transparan Foto: Osman Orsal/Xinhua
Jakarta -

Untuk melindungi pengujung dari paparan virus corona, sebuah restoran di Turki membungkus meja pengunjung dengan tabung balon transparan.

Di masa new normal ini berbagai cara dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari virus corona. Restoran-restoran pun telah melakukan inovasi. Seperti yang dilakukan oleh sebuah restoran berkelas di Turki.

Restoran tersebut dikenal bernama Turkce Meze yang berlokasi di Sutluce, Turki. Restoran Turkce Meze telah menciptakan tabung balon yang digunakan untuk membungkus meja pengunjung.

Restoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparanRestoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparan Foto: Osman Orsal/Xinhua

Baca Juga : Agar Pengunjung Tak Kesepian, Restoran Ini Taruh Boneka Panda di Meja

Tabung balonnya dibuat transparan sehingga pengunjung tetap bisa menyaksikan pemandangan danau indah yang berada di sekitar restoran.

"Pengunjung kami terlindungi dari virus corona," tutur Cevdet Aysas, pemilik Restoran Turkce Meze seperti yang dikutip dari Xinhua (17/06).

Dibuatnya tabung balon tersebut adalah untuk mengurangi kontak langsung antara sesama pengunjung, dan juga pengunjung dengan pelayan restoran. Ada sekitar delapan area yang telah dibungkus dengan tabung balon tersebut.

Restoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparanRestoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparan Foto: Osman Orsal/Xinhua

Aysas menjelaskan bahwa staf restorannya secara teratur mendisinfeksi tabung balon tersebut melalui generator ozon dan sinar ultraviolet. Selain itu, Aysas juga telah menyediakan hand sanitizer di setiap meja untuk bisa digunakan pengunjung.

Tidak hanya itu saja bentuk antisipasi yang dilakukan pihak restoran, manajemen sangat menjaga interaksi antara pengunjung dan pelayan seminimal mungkin. Pengunjung bisa menekan tombol ketika mereka ingin memanggil pelayan.

Kemudian pelayan akan datang dengan mengenakan alat pelindung diri seperti masker, face shield dan sarung tangan. Mengenakan masker juga diwajibkan untuk para pengunjung. Namun, ketika pengunjung sudah berada di tabung balon tersebut, mereka dapat melepasnya.

Sementara itu, restoran unik ini hanya menerima pelanggan melalui sistem reservasi online. Selama bersantap di sana, pengunjung juga dibatasi waktunya sekitar tiga jam saja.

Restoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparanRestoran di Turki yang sediakan tabung balon tranparan Foto: Osman Orsal/Xinhua

Tak hanya restoran di Turki saja yang melakukan bentuk antisipasi dengan cara unik. Restoran di Belanda ini juga mendesain area pengunjungnya dengan rumah kaca untuk mencegah penyebaran virus corona.

Restoran tersebut bernama ETEN yang berada di Amsterdam. Area pengunjung di rumah kaca itu cukup luas dan bisa menampung sekitar dua hingga tiga orang.

Ada yang tak kalah unik lagi. Selain tabung untuk membungkus ruang makan, ada juga restoran yang menaruh berbagai boneka di area meja makan agar pengunjung bisa terus menjaga jarak dengan yang lain.

Baca Juga : Keren! Restoran di Belanda Ini Siapkan Ruang Kaca Untuk Cegah Virus Corona



Simak Video "Pesan William Wongso untuk Kamu yang Ingin Berjualan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)