Yuk, Sarapan Telur dan Bayam Agar Tubuh Segar Berenergi!

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 07:00 WIB
Menu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Kurma

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Selain jadi menu takjil yang paling populer selama bulan Ramadhan, buah kurma juga bagus dikonsumsi saat pagi hari usai sarapan. Buah yang punya rasa legit manis ini sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Selain itu kurma juga menyediakan dorongan tenaga dalam waktu singkat yang membuat tubuh tidak kelelahan. Kurma mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng dan zat besi yang berlimpah.

Bagi yang sulit buang air besar (BAB) di pagi hari bisa mulai mengonsumsi kurma. Buah ini mengandung 6,4 - 11,5 persen serat yang dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan BAB.

5. Telur

Menu Sarapan SehatMenu Sarapan Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Masuk ke dalam salah satu raja makanan saat sarapan, telur ini populer disantap saat sarapan hampir di seluruh belahan dunia. Bukan tanpa alasan mengapa telur selalu jadi menu sarapan favorit, makanan yang satu ini mengandung banyak lemak sehat yang membuat rasanya enak sekaligus menyediakan energi untuk tubuh sepanjang hari.

Telur menjadi sumber berbagai vitamin dan mineral termasuk zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B-12. Kandungan asam amino di telur bisa membantu mendorong metabolisme dalam tubuh serta menjaga kesehatan otak, memori, dan sistem syaraf.

Selain semangka, telur juga bisa jadi menu sarapan bagi yang sedang menurunkan berat badan. Meski enak tapi telur mengandung kalori yang cukup rendah yaitu sekitar 78 kalori per butirnya, dengan efek rasa kenyang lebih lama dan menahan orang dari keinginan makan berlebih.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Sarapan Telur Rebus



Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com