Waspadai 5 Makanan Sumber Lemak Trans yang Bahayakan Tubuh

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 18:30 WIB
5 Makanan Mengandung Lemak Trans Foto: iStock

4. Permen

5 Makanan Mengandung Lemak Trans5 Makanan Mengandung Lemak Trans Foto: iStock

Permen adalah makanan manis yang bentuk dan rasanya sangat beragam. Biasanya dilengkapi dengan cita rasa buah, susu, dan makanan lainnya. Karena rasanya yang manis itulah banyak digemari dan enak dikonsumsi saat bersantai.

Sebenarnya tak masalah jika mengonsumsi permen dalam jumlah sedikit. Namun jika Anda mengonsumsinya terus-terusan dalam jumlah banyak dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan. Mulai dari sakit gigi hingga obesitas.

Karena di dalam permen selain mengandung gula berlebih juga ada kandungan lemak trans yang buruk untuk tubuh. Sebaiknya konsumsi permen dikurangi, kalau perlu dihindari. Jika ingin mengemil sebaiknya konsumsi buah segar yang jauh lebih sehat, apalagi diperkaya dengan nutrisi penting seperti vitamin dan serat.

5. Gorengan

5 Makanan Mengandung Lemak Trans5 Makanan Mengandung Lemak Trans Foto: iStock

Satu lagi makanan yang harus dihindari karena kandungan lemak transnya, gorengan. Gorengan khas Indonesia termasuk di antaranya. Banyak dijajakan di kaki lima dengan jenis pisang goreng, ubi goreng, tempe goreng, hingga bakwan.

Selain itu makanan cepat saji dengan ragam yang digoreng juga sebaiknya dihindari. Diantaranya ada ayam goreng tepung, kentang goreng, chicken nugget, dan lainnya. Makanan itu digoreng dalam banyak minyak yang sangat panas dan sudah terbukti mengandung lemak trans yang tak baik untuk kesehatan.

Jika ingin tetap sehat, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat. Untuk ayam bisa pilih yang kandungan lemaknya sedikit, juga jangan digoreng dengan minyak panas atau mentega. Ada baiknya dipanggang, dikukus, atau dijadikan sup.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com