5 Pola Makan Cegah Kanker yang Gampang Ditiru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 09:00 WIB
makan sehat Foto: iStock
Jakarta -

Kanker bisa dicegah dengan menerapkan pola makan tepat. Mulai dari tinggi asupan buah dan sayur hingga kurangi daging merah.

Kanker adalah jenis penyakit mematikan yang menyerang banyak orang setiap tahunnya. Kanker seolah jadi penyakit paling buruk yang bisa diderita. Tak peduli berapa usia seseorang, kanker dialami orang-orang dari berbagai rentang usia.

Jenis kankerpun beragam mulai dari kanker payudara, rahim, prostat, paru-paru, sampai kanker usus. Untuk mencegahnya, ada cara alami yang bisa dimulai dari diri kita masing-masing yaitu menerapkan pola makan sehat.

Dikutip dari Asia One (17/6), pola makan sehat ini memang tidak menjamin Anda 100 persen bebas kanker, namun secara signifikan mampu mengurangi risiko terkenanya. Kuncinya adalah mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan mengurangi makanan pemicu kanker.

Berikut pola makan cegah kanker yang direkomendasikan World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research:

1. Perkaya asupan serat

sayuran hijau yang paling sehatFoto: iStock

Ada bukti kuat yang menunjukkan konsumsi bijian utuh dan makanan tinggi serat mampu mencegah kanker kolorektal secara spesifik. Terkait kanker lainnya, beberapa penelitian juga menyarankan konsumsi buah dan sayur nonpati memiliki manfaat tambahan.

Diantaranya cegah kanker mulut, esofagus, paru-paru, dada, perut, dan kandung kemih. Setiap hari, total asupan buah dan sayur nonpati sebaiknya dalam 5 porsi atau sekitar 400 gram.

Untuk mencegah kanker, Anda perlu mengonsumsi 30 gram serat setiap hari dari bijian utuh, buah, sayur nonpati, dan kacang-kacangan. Bonus tambahannya, asupan serat yang tinggi bisa mencegah berbagai penyakit kronis lainnya.

Untuk jenis sayuran nonpati yang bisa dikonsumsi antara lain brokoli, kubis, kembang kol, jamur, tomat, bayam, hingga seledri. Lalu untuk buahnya ada jeruk dan ragam buah berry yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker Usus

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makanan Sehat dan Lokal Jadi Tren 2020"
[Gambas:Video 20detik]