Pencinta Cabai, Ini 5 Efek Jika Makan Pedas Tiap Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 10:30 WIB
Efek makan pedas tiap hari Foto: Shutterstock

4. Mungkin sulit tidur
Makan pedas tiap hari bisa memberi efek negatif, salah satunya sulit tidur. Menurut Health Guide Info, salah satu penelitian di Australia menemukan orang-orang yang makan pedas butuh waktu lebih lama untuk bisa tertidur.

Selain itu, waktu tidur mereka juga jadi lebih sedikit. Alasan yang mungkin untuk menjawab hal itu adalah makan pedas membuat suhu tubuh meningkat. Kondisi suhu tubuh lebih tinggi memang bagus untuk metabolisme, namun tidak terlalu bagus untuk pola tidur.

5. Alami gangguan pencernaan

Efek makan pedas tiap hariEfek makan pedas tiap hari Foto: Shutterstock

Efek negatif lain dari makan pedas tiap hari adalah gangguan pencernaan. Hal ini juga bisa jadi membuat waktu tidur seseorang makin terganggu karena harus bolak-balik ke kamar mandi.

Penyebabnya, capsaicin bisa mengiritasi lapisan perut dan berdampak buruk untuk pencernaan. Selain itu, cabai juga bisa memunculkan nyeri ketika BAB. Bahkan ada salah satu merek saus cabai yang mengusung fenomena ini. Namanya "Fire in The Hole."

Pada kasus terparah, makan pedas bisa berefek diare, mual, dan muntah. Bisa jadi ini karena orang yang melahapnya alami intoleran capsaicin. Mereka harus menghindari cabai dalam bentuk apapun, baik bubuk, serpih, hingga bumbu kari dan Tabasco.

Baca Juga: Ini Penjelasannya Kenapa Orang Menderita Alergi Cabe

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)