Ini Penjelasannya Kenapa Orang Menderita Alergi Cabe

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Feb 2018 16:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ada orang yang tak bisa makan tanpa cabe. Tetapi ada juga yang mengalami sakit perut hingga muntah jika makan cabe. Ini sebabnya.

Banyak orang yang menggemari jenis makanan pedas tapi tidak mengetahui apa itu capsaicin. Capsaicin merupakan salah satu komponen aktif dalam cabe yang menciptakan sensasi terbakar dan panas, yang sering dijumpai dalam makanan pedas.

Baca Juga: Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Redakan Panas di Mulut Setelah Makan Pedas

Ini Penjelasannya Kenapa Orang Menderita Alergi CabeFoto: iStock

Meski umumnya makanan pedas menimbulkan sakit perut, tapi bagi sebagian orang efek sampingnya jauh lebih serius. Bahkan ada yang berefek sakit perut yang parah, kembung, diare, bahkan mual dan muntah. Ini karena sebagian orang mengidap intoleran capsaicin, zat yang ada pada cabe.

Menurut Michaela Pontiki, pendiri sekaligus CEO dari Arapina Bakery mejelaskan, "Kebanyakan orang terlahir dengan intoleran capsaicin, tapi bagi sebagian orang, intoleran capsaicin ini bisa lebih aktif di dalam tubuh," ungkapnya seperti yang dilansir dari Metro (19/18)

Ini Penjelasannya Kenapa Orang Menderita Alergi CabeFoto: iStock

"Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi sedikit makanan pedas saja bisa menimbulkan reaksi efek samping. Jika Anda merasa tubuh Anda intoleran terhadap capsaicin, Anda harus menghindari cabe dalam bentuk apapun, baik bubuk, serpih, hingga bumbu kari dan sambal Tobasco." lanjutnya.

Menurut Michaela, capsaicin tidak hanya menyerang perut saja. Tetapi jika Anda menyentuh cabe atau bubuk cabedengan tidak sengaja, dan Anda dengan tidak sengaja menyentuh bagian hidung, mata, atau bagian vital lainnya, itu akan langsung menimbulkan reaksi iritasi kulit. Bagi sebagian orang bahkan reaksi yang ditimbulkan bisa menyebabkan asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Ini Penjelasannya Kenapa Orang Menderita Alergi CabeFoto: iStock

"Jika terkena paparan eskternal dengan cabai, Anda bisa mengolesi minyak nabati ke bagian permukaan kulit yang terkena. Kandungan Capsaicin juga bisa hilang dengan sabun, shampo, atau detergen lainnya," saran Michaela bagi penderita intoleran capsaicin.

Jika Anda masih ingin makan pedas, Michaela menyarankan untuk mengganti cabe dengan bahan alternatif lain seperti lada hitam atau paprika yang tidak mengandung capsaicin.

Baca Juga: Capsaicin Dalam Cabai Mampu Mengatasi Obesitas (sob/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat