Pencinta Cabai, Ini 5 Efek Jika Makan Pedas Tiap Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 10:30 WIB
Efek makan pedas tiap hari Foto: Shutterstock

2. Berat badan sedikit berkurang
Capsaicin juga terkenal dengan manfaatnya meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Ini karena capsaicin bisa meningkatkan suhu internal tubuh yang pada akhirnya memnbuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Capsaicin juga bisa membantu membakar lemak juga.

Keuntungan lain adalah makan pedas mampu meningkatkan rasa kenyang usai makan. Dengan begini seseorang bakal terhindar dari keinginan ngemil berlebih. Makan pedas juga bisa menghilangkan ngidam makanan manis.

Meski begitu, diet makan pedas yang berarti kamu makan pedas terlalu banyak tiap hari tidak disarankan. Taub-Dix berujar, "Saya tidak akan bergantung (pada makan pedas) sebagai upaya menurunkan berat badan. Tapi tambahan cabai bisa membuat pola makan sehat dan rendah kalori jauh lebih enak," tuturnya.

Baca Juga: Manfaat Makan Cabai, Kurangi Risiko Kematian Akibat Serangan Jantung

3. Mood lebih bagus

Efek makan pedas tiap hariEfek makan pedas tiap hari Foto: Shutterstock

Siapa sangka makan pedas bisa bikin mood atau suasana hati lebih bagus. Konsumsi capsaicin memiliki efek untuk otak dan tubuh. Jadi ketika ada sensasi nyeri atau menderita sementara akibat makan pedas, tubuh sebenarnya akan menghasilkan dopamine.

Dopamine merupakan neurotransmitter yang membantu bikin mood lebih bagus dan meringankan depresi. Capsaicin sendiri bisa membantu meringankan emosi negatif lainnya seperti rasa marah dan frustasi.

Meski begitu, jangan andalkan makan pedas atau capsaicin saja untuk mengobati depresi atau masalah kesehatan mental yang serius. Keduanya tetap harus diatasi dengan mencari bantuan profesional.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]